Trending Topic
Cahaya Hemat

6 May 2012


Sudah bukan jamannya lagi menggunakan lampu biasa. Lampu hemat energi (LHE) yang terendah saja, sekitar 7-8 watt, punya konversi pencahayaan setara dengan lampu biasa berdaya 40 watt. Selalu pisahkan saklar untuk setiap lampu agar tidak semua lampu harus hidup saat saklar dinyalakan. 

Jendela dapur dan pintu yang lebar dan menghadap taman (bukan garasi) turut mengoptimalkan masuknya cahaya alami. Anda bisa berhemat jam operasi lampu karena tidak perlu dinyalakan pada pagi dan siang hari. Dinding warna muda juga mencerahkan tampilan dapur.

Ventilasi maksimal juga membuat uap masak leluasa keluar. Bagi rumah berdaya listrik di atas 1.300 VA, kiat ini turut mengurangi penggunaan exhaust fan atau exhaust hood. Exhaust fan tipe 75 watt, misalnya, setara dengan kulkas 1 pintu. Jika pun harus memakainya, pilih yang memiliki setting low-high. Seringkali exhaust fan lupa dimatikan hingga berjam-jam. Jadi, jangan lupa lagi!

Ada mitos bahwa menyala-matikan lampu terlalu sering bisa menaikkan biaya listrik. Nyatanya, bohlam tak menggunakan daya kerja motor sehingga tak perlu perlu watt lebih besar saat saklar dihidupkan. (f)

Foto: Corbis


 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?