Home Interior
Cahaya Ciptakan Suasana

25 Oct 2013

 
Pencahayaan yang baik dapat menciptakan berbagai suasana ruang yang diinginkan, meskipun itu bukan faktor satu-satunya. Pada umumnya suasana akan tercipta melalui perancangan bangunan (arsitektur), ruang (interior), dan pemilihan perangkat furniture.

Namun, semua itu kurang bernilai jika tidak ditunjang dengan pengaturan cahaya yang tepat. Tanpa cahaya, suasana terasa hampa. Manfaatkan  warna-warna cahaya yang dihasilkan oleh sumber cahaya,  sesuaikan dengan jenis ruangan dan penggunaannya.
 
Beberapa  tipe pencahayaan yang perlu diketahui untuk rumah tinggal adalah direct / indirect lighting, diffuse lighting, concentrated lighting, task lighting, dan ambient lighting.  Penggunaan bohlam yang tepat juga sangat menentukan  pendar cahaya yang diharapkan, misal jenis linear fluorescent lamp, compact fluorescent lamp, halogen lamp, atau metal halide.

Selain itu, Anda juga bisa mengatur gelap terang cahaya dengan alat tertentu, misalnya dengan zoned switching, occupancy sensor, atau time of day switching.  Dengan beragam jenis sistem pencahayaan, jenis bohlam, penempatannya,  serta alat pengatur gelap terang, Anda dapat menciptakan sendiri suasana yang diinginkan. (f)



 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?