Career
Butuh Lebih Percaya Diri

30 Nov 2012


“Apa sebenarnya yang dicari wanita saat bekerja? Aktualisasi diri atau keluarga?” ungkap Eileen Rachman, direktur Experd Consulting. Kecenderungannya, ketika wanita bekerja sudah berkeluarga, maka ia seakan mengerem langkahnya. Tentu, ini ada kaitannya dengan istilah peran ganda yang seolah disematkan di pundak wanita. 

Tapi, di balik problema peran ganda itu, apakah sebetulnya ada masalah lain dalam diri wanita, karena wanita masih kurang percaya diri untuk menembus posisi puncak yang didominasi para pria? Atau memang wanita sendiri tidak memahami kekuatan yang ada dalam dirinya? Eileen mengungkapkan, wanita sering kali tidak percaya diri dengan power yang ia miliki, meski sebenarnya ia mampu. Sehingga, ada kecenderungan bahwa antusiasme dan semangat wanita tidak terpompa dengan baik.

“Sebagian orang punya potensi elang, tapi tak sedikit yang berprilaku seperti kura-kura. Mereka ini memiliki amunisi yang lengkap untuk meraih posisi puncak, tapi mereka memilih membenamkan diri dalam zona aman yang membuat mereka nyaman,” kata Eileen, menyentil.

Menurut Eileen, untuk dapat melesatkan karier dan membidik posisi puncak, seseorang harus memiliki mentalitas elang. Jika medan karier diibaratkan sebagai medan pertarungan, untuk menjadi seperti elang, seseorang haruslah fokus pada tujuan yang ingin dicapai dan berusaha mengendalikan permainan. “Jika kebahagiaan Anda adalah dengan berkarier, maka jangan ragu untuk mengatakan pada pasangan bahwa Anda ingin berkarier. Buat target puncak dan mulailah belajar mengendalikan permainan,” tegas Eileen.

Wanita harus dapat menyadari potensi yang dimiliki dalam dirinya dan mengeluarkannya dengan percaya diri. Jangan pernah merasa takut pada kesuksesan dan membiarkan kecemasan menghantui pikiran Anda. “Fokuslah pada potensi apa yang bisa Anda keluarkan dari dalam diri Anda,” tutur Eileen, memotivasi.         

Seekor elang tidak pernah bisa dibedakan apakah ia elang betina atau elang jantan saat sedang terbang mencari makan. Elang betina tetap menjaga dan merawat anak-anaknya. Namun, ia juga mencarikan makan untuk anak-anaknya. Terbukti elang mampu menjalankan peran gandanya dengan maksimal. Sebagai wanita, ada baiknya kita mengadaptasi mentalitas elang ini. Karena wanita pada dasarnya memang sudah kuat, seperti elang.
(FAUNDA LISWIJAYANTI)




 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?