Money
Bursa Berjangka vs Bursa Saham

13 Aug 2012

Bursa pada dasarnya berarti pasar. Jadi, bursa berjangka dan bursa saham memiliki satu persamaan: keduanya adalah pasar tempat terjadinya transaksi surat berharga. Perbedaan mendasar antara bursa berjangka dan bursa saham adalah underlying asset atau barang yang diperjualbelikan. Untuk individu yang  melakukan transaksi di bursa saham atau bursa berjangka, maka perlu membuka rekening terlebih dahulu di perusahaan sekuritas atau broker.

Bursa saham memperjualbelikan saham –surat bukti kepemilikan sebuah perusahaan– dari perusahaan-perusahaan terbuka, sementara bursa berjangka memperjualbelikan kontrak jual-beli. Misalnya,  kontrak jual beli emas atau index futures. Karena perbedaan barang yang diperjualbelikan, risiko bertransaksi di bursa saham dan bursa berjangka pun berbeda. Pastikan Anda mengerti betul risiko investasi yang akan terjadi. Dengan kata lain, Anda harus mengerti cara uang bertambah atau berkurang sebagai hasil dari transaksi di masing-masing bursa. 

Di bursa saham, saat nilai sebuah saham turun, belum tentu Anda langsung ‘merugi’. Anda masih memiliki pilihan untuk hold hingga nilai saham perusahaan tersebut membaik. Tentu saja pilihan saham perusahaan sangat berpengaruh. Tetapi, dalam bursa berjangka, pergerakan pasar yang sangat cepat dapat langsung membalikkan posisi, sehingga total loss sangat mungkin terjadi.

Primarita S. Smita



 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?