Money
Bunga KPR Naik

2 Apr 2014

Baru dapat informasi dari bank bahwa bunga KPR naik hingga 4%? Bisakah kita bernegosiasi dengan bank untuk bunga yang sesuai, atau lebih baik pindahkan KPR ke bank lain saja?

Menurut perencana keuangan independen, Ligwina Hananto sistem KPR di bank ialah konvensional. Bunga KPR sering ditawarkan secara tetap untuk periode tertentu. Setelah itu, bunga pun naik mengikuti ketentuan bank. Tentu saja kita keberatan saat cicilan terpengaruh oleh kenaikan bunga bank. Tetapi, menegosiasikan cicilan tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan saat bunga KPR naik. Apa pun pilihannya, cek biaya apa saja yang akan terjadi. Jangan sampai berupaya menurunkan cicilan KPR, tetapi malah menimbulkan biaya perpindahan yang lebih besar.
  • Negosiasi bunga: biasanya ini sangat sulit dilakukan
  • Negosiasi periode utang: dengan periode lebih panjang, cicilan utang per bulan bisa diperkecil.
  • Memindahkan KPR ke bank lain: ada biaya-biaya yang dapat terjadi.
  • Menggunakan KPR di bank syariah: perhitungannya tidak terlalu berbeda dengan bank konvensional, tetapi cicilan bisa dipastikan tetap untuk suatu periode.
  • Mengurangi pengeluaran lifestyle agar mampu membayarkan cicilan KPR dengan perhitungan bunga yang naik tersebut.(f)




 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?