Celebrity
Bunga Citra Lestari
Tidak Sengaja Menjadi Penyanyi

11 Apr 2012

Segudang penghargaan dikantonginya. AMI Awards, Rolling Stone Awards, sampai SCTV Music Awards  menempatkannya sebagai penyanyi yang diakui di pentas musik Indonesia. Padahal, menurut Bunga Citra Lestari (29), semua bermula dari rangkaian ketidaksengajaan. Ketika masih duduk di bangku kuliah, ia terpilih menjadi bintang iklan saat iseng menemani seorang teman untuk casting. Beberapa waktu kemudian, ketika sedang berjalan-jalan di sebuah pusat perbelanjaan, seorang asisten sutradara datang menawarinya casting untuk bermain sinetron. Dan akhirnya, setelah bermain di beberapa sinetron, tiba-tiba Pass Band menawarinya bernyanyi bersama. 

“Sejak kecil saya ingin jadi penyanyi. Tapi, saat itu penyanyi bukan cita-cita yang terdengar normal,” ujar artis yang akrab disapa Unge ini, sambil tertawa. Ia sangat bersyukur karena untuk sampai pada mimpi besarnya itu ia harus lebih dulu ‘mampir’ di dunia seni peran. “Kedua bidang ini pada akhirnya saling mendukung. Saat berakting, saya selalu butuh lagu untuk membangun mood. Sebaliknya, untuk menyanyi, saya juga perlu akting agar dapat menghayati setiap lagu,” ungkap artis berdarah Minang ini.
 
Meski sudah mengasah bakat menyanyinya di Elfa’s Secoria,  Bunga mengaku bahwa pengalaman adalah hal yang paling membentuknya. “Guru yang paling sadis sebenarnya adalah kritikan orang, terutama yang menonton saat kita bernyanyi live di atas panggung,” kata Bunga, yang  sukses berduet dengan Christian Bautista. Walau begitu, bagi Bunga, berada di atas pentas adalah momen yang selalu ia tunggu-tunggu.

“Saat berada di panggung, ada energi yang tiba-tiba menguatkan. Ada perasaan bangga bercampur haru saat berdiri di hadapan orang-orang yang hafal lagu saya dan ikut menyanyi bersama,” ujarnya. Beberapa kali, karena tanggung jawab pada kontrak, Bunga sempat memaksakan diri naik panggung, meski sedang sakit. “Karena perasaan bahagia, begitu di atas panggung, tak ada seorang pun tahu bahwa saya sedang sakit. Begitu turun dari panggung, ‘energi’ itu berakhir, dan saya langsung pingsan,” Bunga mengenang pengalamannya, lalu tertawa lepas. 

Setelah 4 tahun tidak mengeluarkan album, saat ini aktris yang sempat kuliah di Fakultas Ekonomi Trisakti ini sedang mempersiapkan album baru. Dalam salah satu lagu, rencananya Bunga akan berduet dengan Intan Ayu, penyanyi pendatang baru yang tak lain adalah sepupunya sendiri. Album ketiga Bunga yang diperkirakan akan dirilis pertengahan tahun ini diharapkan akan menjadi lebih variatif dengan beat yang cepat dan iringan musik akustik.

Lucia Priandarini


 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?