Career
Bosan di Kantor

4 Jun 2012


Mungkin saja pekerjaan di kantor Anda mulai terasa tidak menantang, tidak seperti beberapa tahun lalu, ketika Anda mulai bekerja di situ. Bagaimana menyiasatinya?


Harus Dilawan

Rasa hampa yang Anda rasakan ketika melakukan pekerjaan membosankan dari hari ke hari dapat  pelan-pelan meracuni diri Anda. Seorang pakar bahkan menyamakan kebosanan seperti ini dengan kematian pelan-pelan.

Kunci untuk mengatasi situasi semacam ini  adalah mengubah persepsi diri sendiri terhadap pekerjaan. Pakar psikologi Howard Cutler, M.D. penulis buku The Art of Happiness at Work, menyatakan, “Mungkin saja Anda tidak dapat mengendalikan pekerjaan Anda,  tapi Anda masih bisa sepenuhnya mengendalikan sikap Anda sendiri.”

Dekati orang-orang yang Anda kenal melalui pekerjaan Anda sehari-hari, misalnya klien Anda. Ingatlah, pekerjaan Anda bukan hanya berhubungan dengan kertas-kertas dan angka-angka. Kalau Anda biasanya menelepon pelanggan atau klien Anda hanya untuk menawarkan barang atau jasa, kini  perkaya pembicaraan Anda dengan berbagi soal, film terbaru misalnya.

“Kebosanan dalam pekerjaan bisa pula membantu Anda mengenali potensi diri sendiri,” ujar Dale Atkins, psikolog di New York City dan penulis buku Sanity Savers: Tips for Women to Live a Balanced Life. “Perhatikan, apakah ada bagian-bagian di kantor Anda yang tampaknya terbengkalai dan membutuhkan perhatian lebih, dan apa yang bisa Anda lakukan. Lalu ajukan saran-saran Anda kepada bos, bagaimana cara mengatasinya.”

Jika ada rekan kerja lain yang merasa terancam, cari tahu alasannya. Setelah Anda tahu, rancanglah strategi untuk meningkatkan rasa pede orang tersebut,” Marsha Petric Sue, penulis buku The Reactor Factor.  Paksakan  diri Anda untuk berbicara dengannya. Ajukan pertanyaan-pertanyaan simpatik yang bertujuan baik. Kalau Anda bersikap baik kepadanya, lama-kelamaan ia bisa terbuai. Anda akan tampil manusiawi di matanya, dan akan sulit baginya untuk sengaja melukai Anda. Dan Anda akan mendapat informasi penting sebagai bekal tindakan Anda selanjutnya.

Pegang Kendali
Gunakan waktu senggang Anda untuk melakukan sesuatu yang Anda minati. Bila  mungkin, ikut  terlibat dalam rapat-rapat dan kegiatan-kegiatan departemen lain, di mana Anda mungkin dapat membantu. Mungkin saja tanpa Anda sadari, Anda memiliki bakat dan keterampilan yang dapat Anda sumbangkan kepada perusahaan, di luar lingkup pekerjaan yang sekarang. Teruslah melangkah maju. Bila masih ada waktu, bergabunglah dalam kursus-kursus yang bisa menambah wawasan, kemampuan, dan keterampilan Anda.

Sementara rekan-rekan lain hanya menggerutu dan menatap jam dinding, Anda mengambil aksi untuk mengubah jalan hidup Anda. Tampilkan diri Anda sebaik mungkin. Anda takkan tahu siapa yang memperhatikan diri Anda dan nasib apa yang menanti Anda di masa depan.

Yakinlah bahwa semua ketidaknyaman Anda di tempat kerja ini hanya bersifat sementara. Ini akan membuat Anda sanggup bertahan.

Baca juga: Bosan bekerja ini solusinya! (f)


 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?