Career
Bos Muda, Bukan Lawan Tapi Kawan!

16 Jun 2011

Kesan umum kepada atasan adalah orang yang memiliki banyak pengalaman dan sudah melalui jenjang karier panjang. Namun, kini rumus tersebut tak selalu berlaku mutlak. Makin banyak manajer dan bos muda yang membawahi satu atau bahkan beberapa divisi sekaligus.
 
Sebagai seorang karyawan, sudah sewajarnya Anda memberikan laporan hasil kerja kepada atasan. Tapi, bagaimana jika laporan tersebut harus disampaikan kepada atasan yang berusia lebih muda? Spontan kebanyakan dari Anda mungkin sangsi akan kemampuannya memberi penilaian dengan baik.

Dulu, sindrom bos muda hanya bisa dijumpai di perusahaan keluarga, yang memang mempersiapkan anak sebagai penerus roda usaha. Tetapi kini, makin banyak perusahaan profesional yang menempatkan generasi muda menduduki posisi manajerial. Menurut Rima Olivia, konsultan karier dari Experd, hal ini terjadi karena makin banyak bidang ilmu keahlian spesifik. Sehingga lulusan jurusan tertentu lebih terarah untuk mengerjakan bidang khusus.
 
Anda yang sudah telanjur nyaman mengerjakan sesuatu dengan sistem yang ada, kedatangan atasan yang membawa sistem kerja baru, tentulah terganggu. Apalagi jika bos baru seseorang yang berasal dari beberapa generasi di bawah Anda. Padahal, jika Anda mau melepaskan pandangan negatif terhadap usia atasan, Anda justru menciptakan peluang untuk mengembangkan kemampuan diri.

Jadi, daripada membuang waktu dengan memikirkan kenapa seseorang yang masih muda sudah lebih sukses daripada Anda, lebih baik Anda meningkatkan kinerja dengan mempelajari kelebihan yang dia miliki. Ikuti ritme kerja atasan baru sebaik mungkin. Kalaupun ada hambatan, segera kemukakan hal ini kepada atasan. Hindari bersikap emosional, apalagi sampai mengabaikan permintaan atasan. Berikan ruang kepadanya untuk melakukan trial and error.

Bagaimana jika Anda harus berhadapan dengan atasan muda yang bersikap bossy dan temperamental? Gaya kepemimpinan seperti ini biasanya muncul sebagai kompensasi dari rasa tidak percaya diri yang timbul. Jangan menjadikan atasan sebagai ancaman karier karena usianya yang lebih muda. Lebih baik Anda sebagai anggota tim menempatkan diri sebagai seseorang yang bisa ia andalkan. (f)



 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?