Food Review
Bistro Kuliner Nusantara

31 Mar 2012

Gaya hidup masyarakat selatan Jakarta yang gemar hang out sambil makan di luar menjadi alasan Pandan Bistro untuk membuka cabang terbaru, dengan ramuan suasana penuh gaya di area Pakubuwono, Jakarta Selatan. Berbeda dari outlet terdahulunya di area Pluit dan Kelapa Gading. “Rumah tua di kawasan Pakubuwono sengaja direnovasi untuk mendapatkan suasana tempo dulu, namun tetap nyaman dengan sentuhan modern,” ujar Sylvia Kwa, pengatur bisnis keluarga ini.

Dengan tone warna hangat, interior resto bermain dengan pajangan lokal. Kusen-kusen tua sebagai aksen di beberapa dinding, mendekatkan jiwa pada suasana zaman dulu. Tiada kesan ‘dingin’ dan kaku. Karya desain Metaphor Interior Architecture yang berbasis di Jakarta dan Singapura ini tampak menawan.

Sambil mata menikmati pemandangan ini, mulut boleh asyik menikmati  Tahu Kipas dengan isi potongan udang montok di dalam tahu sumedang-nya. Gorengan yang mengembalikan identitas ngemil orang Indonesia.

Hidangannya yang lezat sanggup menarik tamu, walau di luar jam sibuk. Maklum, sudah ada 8 tahun pengalaman yang dikantongi dari dua outlet terdahulu. Sejatinya sebuah bistro yang mengedepankan home cooking, makanan rumahan pilihan dari berbagai penjuru Nusantara jadi pilihan apik di sini. “Resep rahasia keluarga terjaga lewat dominasi racikan bumbu yang masih dilakoni Ibu,” sambung Sylvia.

Hampir setiap meja memesan Gulai Kepala Ikan. Ukuran jumbo ikan kakapnya  sanggup mengisi empat perut yang kelaparan. Serangan aroma segar batang serai dan bumbu kuning terasa saat menyeruput dan mengulum kuah santan yang tidak terlalu kental. Bumbunya terasa hingga ke tulang berkat proses slow cooking. Banyak yang menyesapnya hingga ikan ini tak jelas bentuknya!

Segudang pilihan sayur tersedia. Mulai dari Sayur Asem hingga Tumis Bunga Pepaya. Sayur Genjer yang nyaris terlupa oleh banyak orang, ternyata jadi sajian favorit. Ditumis bersama teri medan dengan dominasi aroma dan rasa khas bawang merah dan segarnya tomat merah.

Sadar akan lokasinya yang dikelilingi perkantoran, menu Nasi Rames yang praktis hadir untuk pegawai kantoran yang tak punya waktu bebas untuk makan siang. Pilih sendiri lauk dan sayurnya di counter. Tak perlu menunggu lama, makan siang istimewa siap disantap. (f)

Lokasi: Jl. Pakubuwono VI No.10, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Telp: (021) 333318061, (021) 7259955. Jam buka: Senin – Minggu, 10.00 - 22.00 WIB. Harga: Rp3.100 – Rp110.000 (belum termasuk pajak 10%). Suasana: Resto keluarga gaya  tempo dulu dengan sentuhan interior modern minimalis.



 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?