Career
Bisnis Berbasis Hobi

3 Nov 2011

Berawal dari mengutak-atik kain... dan voila! Jadilah aksesori cantik. Saat dipakai pun, banyak yang memuji dan ingin membeli hasil buatan kita. Dan ada yang bilang nih, berbisnis dari hobi membuat usaha jadi lebih kreatif. Tapi, bukan berarti tanpa kendala. Tidak sedikit pula bisnis berbasis hobi, berbuntut kebosanan dan akhirnya tutup. Bagaimana supaya bisnis yang berbasis hobi ini tetap menantang, menarik, dan berumur panjang?

Menurut Rheinald Kasali, pendiri Rheinald Kasali School for Entrepreneur, setiap orang mempunyai hobi yang berbeda-beda. Tingkat kebosanan setiap orang juga tidak sama. Kenapa seseorang merasa bosan terhadap bisnisnya? Banyak penyebabnya, antara lain:
  1. Walaupun bisnis ini berdasarkan hobi,  Anda hanya mengeluarkan uang saja untuk menjalankannya.
  2. Anda tidak mendapat pujian atau pengakuan dari bisnis berbasis hobi ini.
  3. Tidak berupaya melakukan inovasi, sehingga semuanya terasa monoton.
  4. Ada hal  lain yang lebih menarik. Misalnya, tadinya Anda tidak memikirkan keuntungan.  Tapi, setelah merasakan nikmatnya memegang uang, membuat Anda jadi berubah pikiran.
  5. Ada persaingan yang membuat usaha jadi lesu.
  6. Anda masuk ke  bisnis yang salah. Hobi Anda  tidak disukai orang, sehingga market-nya tidak ada.
 
Makanya, bisnis berbasis hobi yang berhasil itu dibutuhkan suatu kombinasi, bukan hanya mengandalkan hobi semata-mata. Jadi, di sini bisnis berbasis hobi   perlu ada pembayaran yang menguntungkan, mendapat pengakuan, dan dibutuhkan oleh pasar.

Lain halnya jika Anda menjalankan bisnis itu murni hanya untuk hobi. Uang bukan target Anda. Mendapat keuntungan hanya nilai lebih dari bisnis berbasis hobi itu. Yang terpenting, Anda memiliki kepuasan dengan menjalankan hobi. Tapi, jika menjalankan bisnis berbasis hobi ini juga ditujukan untuk hidup, Anda akan frustrasi bila income yang didapatkan kelak tidak memadai. (f)

Ingin memilih lokasi untuk usaha kuliner? Ikuti tipnya di sini!


 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?