Sex & Relationship
Bingung Pilih Kontrasepsi

12 Aug 2013


Iingin menunda kehamilan, tapi ragu untuk menggunakan spiral, pil, atau susuk, karena takut malah membuat sulit hamil nantinya. Sementara suami juga enggan menggunakan kondom. Bagaimana solusinya, ya?

Menurut dr. Dwiana Ocviyanti Sp.OG.,Pil, susuk, atau spiral merupakan kontrasepsi yang amat reversible. Jika penggunaanya dihentikan, efek kontrasepsinya pun akan terhenti. Sedangkan, penggunaan alat kontrasepsi dalam rahim seperti spiral pada mereka yang belum hamil, harus melalui pemeriksaan cermat sebelum pemasangan. Pasca pemasangan, Anda pun perlu konsultasi serta melakukan pemeriksaan teratur.

Sebenarnya, kondom adalah pilihan kontrasepsi yang terbaik bagi Anda, karena dapat juga mencegah Infeksi Menular Seksual (IMS). Kesulitan memiliki keturunan pada pasangan yang menunda kehamilan, umumnya disebabkan oleh infeksi organ reproduksi yang disebabkan IMS atau gangguan lain seperti sperma suami, endometriosis, atau tidak keluarnya sel telur.

Pilihan kedua terbaik bagi Anda adalah pil KB (kontrasepsi oral). Saat ini di pasaran
tersedia berbagai jenis pil KB. Masing-masing memiliki kelebihan dan keterbatasan. Pil KB tergolong aman dan memiliki efek sangat kecil, bila digunakan secara benar. Meski begitu, Anda tetap perlu konsultasi ke dokter sebelum menggunakannnya.(f)



 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?