Health & Diet
Berkeringat Sebagian

5 Jun 2013


Saat stres Anda mulai berkeringat dingin pada pelipis, tangan, dan badan. Tak jarang, dada sebelah kiri juga nyeri seperti ditekan.  Apakah ini ada hubungannya dengan penyakit Hepatitis B yang pernah diderita?

Menurut Dr. Kartono Mohammad, keringat dingin dan nyeri di dada kemungkinan besar tidak ada hubungannya dengan hepatitis B. Keluhan nyeri dada harus diperiksa oleh dokter jantung dengan alat rekam jantung (electrocardiography atau EKG). Tekanan darah dan berat badan juga diukur untuk memastikan apakah ada hubungannya dengan obesitas atau hipertensi.

Kalau tidak ada unsur hipertensi, berarti gejala ini tidak ada hubungannya dengan riwayat hepatitis B. Gangguan jantung biasanya menimbulkan gejala nyeri pada dada dan tangan sebelah kiri, bukan keringat dingin seperti yang Anda alami. Rasa nyerinya bukan hanya seperti ditekan, tapi sakit disertai sesak napas.

Kemungkinan terkena penyakit jantung pada orang seusia Anda sangat kecil. Sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter ahli saraf. Kemungkinan ada masalah pada kinerja otak, karena sifatnya hanya sebelah badan.(f)



 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?