Sex & Relationship
Berbeda Latar Belakang Keluarga dengan Kekasih

30 Mar 2012

Tanya:

Saya dan kekasih beberapa bulan ke depan akan menikah. Saya adalah anak sulung dari keluarga broken home dengan kondisi finansial yang sederhana. Sedangkan kekasih, anak bungsu dari keluarga berada yang memiliki beberapa bisnis keluarga. Kedua orang tua kami sudah menyetujui hubungan kami. Masalahnya, untuk pesta pernikahan yang akan kami selenggarakan di kampung asal saya, calon suami melarang kakak-kakaknya yang tinggal di luar negeri hadir. Saya merasa terpukul. Rupanya, kekasih malu dengan kondisi keluarga saya.

Jawab:

Sebelum menghakimi sikap kekasih, sebaiknya Anda berdua membicarakan dengan masalah ini dengan terbuka. Dengan demikian Anda bisa mengetahui keengganan kekasih untuk mengundang saudaranya menghadiri perkawinan di kampung halaman Anda. Kalau memang kekasih belum bisa menerima latar belakang Anda, tentu hal ini perlu diluruskan. Karena, tak ada yang dapat mengubah masa lalu Anda dan bias menerima adanya perbedaan itu akan mempermudah hidup Anda berdua. Tetapi, bila ternyata kekasih mengambil langkah ini karena alasan praktis seperti penyediaan tempat dan prasana, hal ini bisa dicarikan jalan keluar sesuai dengan kebutuhan yang ada. 

Setiap orang mempunyai latar belakang yang berbeda-beda. Kekasih tentunya sudah mengetahui adanya perbedaan ini di antara Anda berdua. Sebenarnya yang penting di sini bukan pandangan orang lain, tetapi justru bagaimana pandangan Anda terhadap kondisi Anda sendiri, termasuk apa yang Anda anggap sebagai kekurangan. Karena, banyak sekali masalah sosial, fisik, dan emosional berakar dari kenyataan bahwa yang bersangkutan tidak menyukai dirinya sendiri. Perlu disadari, bila Anda bisa menerima diri Anda apa adanya dan merasa cukup nyaman dengan kondisi Anda, maka orang-orang di sekitar Anda juga akan bersikap demikian.

Konsultan: Irma Makarim





 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?