Health & Diet
Berapa Kalorinya, Ya?

7 May 2014


1. Nasi Kucing

Sebungkus nasi berukuran sangat sedikit dan biasanya diberi sejumput teri dan irisan tempe ini biasanya sedap dimakan sambil ngobrol-ngobrol sembari lesehan. Walau porsinya kecil, nasi kucing bisa menyumbang 200 - 250 kalori.

Tip: Ambil satu bungkus nasi saja, pilih lauk-pauk yang kaya protein. “Pilihan paling baik adalah dada ayam tanpa kulit, lalu disusul ikan, dan terakhir daging merah yang paling tinggi kalorinya,” ujar dr. Grace.













2. Wedang Jahe

Segelas wedang jahe yang hangat ini biasanya mengandung 150 – 200 kalori berkat tambahan gula dan susu kental manis di dalamnya. 

Tip: Makin sedikit gula dan susu yang ditambahkan, makin sedikit kalori yang Anda dapat. Pilih wedang yang sedap karena rasa jahenya, bukan manisnya. Karena  minumannya sudah tinggi kalori, kombinasi dengan makanan yang tidak terlalu tinggi kalorinya.
















3. Roti Bakar
Setangkup roti  gendut yang dipanggang,  diolesi mentega, ditaburi cokelat meses dan keju parut, lalu  dibubuhi susu kental manis, sama sekali bukan camilan. Kalau satu porsi Anda habiskan sendiri, 450 – 500 kalori akan masuk ke tubuh Anda.

Tip:
Jangan jadikan ini sebagai makanan penutup atau menganggapnya lebih ‘ringan’ ketimbang seporsi nasi dan lauk-pauk, karena kenyataannya kalorinya tinggi. Minta penjual untuk tidak membubuhkan susu kental manis, toh, Anda masih mendapat rasa manis dari meses. Dengan begitu, Anda bisa memangkas sekitar 50 kalori.







4.Pisang Bakar
Satu buah pisang kepok yang dipanggang dan diolesi mentega, ditaburi meses cokelat dan keju, serta dibubuhi susu kental manis, rata-rata mengandung 300 kalori. Biasanya, Anda tidak cuma makan satu pisang karena terasa ‘ringan’ di perut.

Tip: Mengurangi topping adalah satu-satunya cara untuk mengirit kalori yang masuk ke dalam tubuh. “Jika Anda sangat lapar, lebih baik makan nasi dan lauk-pauk ketimbang ngemil pisang bakar yang kalorinya tak jauh beda,” ujar dr. Grace.











5. Seafood

Malam hari adalah saat yang tepat untuk berburu seafood, di tenda ataupun resto. Tinggal pilih mau dimasak seperti apa. Mau tahu seberapa besar kalori dari seafood? Seratus gram daging kepiting mengandung 120-130 kalori, seratus gram kerang terkandung 110 kalori, sementara 10 ekor udang berukuran kecil menyumbang sekitar 50 kalori.

Tip: Beberapa ekor kepiting mungkin hanya mengandung sedikit daging, jadi Anda tak perlu terlalu khawatir sebetulnya. Yang paling berpengaruh adalah bumbu yang digunakan, misalnya bumbu asam manis yang berlimpah atau bumbu kacang. Batasi saja, nikmati manisnya daging seafood tanpa limpahan kalori.




6. Nasi Goreng Kambing

Ini jajanan ‘kelas berat’, dari segi porsi maupun kalori. Seporsi nasi goreng kambing bisa menyumbang 800 - 900 kalori. 

Tip:
Menurut dr. Grace, nasi goreng kurang ideal dari sisi kesehatan, bukan karena ia menggunakan minyak, tapi karena kandungan karbohidratnya yang terlalu tinggi. Tanpa diimbangi protein, karbohidrat akan membuat gula darah naik sangat cepat. Ia juga tidak mengirim sinyal puas ke otak sebelum porsi yang dikonsumsi sangat banyak.

Nuri Fajriati



 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?