Health & Diet
Benarkah Olahan Kedelai Picu Kanker?

2 Mar 2012

Sebuah mitos mengatakan, makanan olahan kedelai bisa memicu kanker payudara. Anggapan ini baru sebatas dugaan. Sejauh ini penelitian belum memberikan jawaban yang tuntas: beberapa menunjukkan manfaat, sedangkan yang lainnya menunjukkan tak ada kaitan antara konsumsi kedelai dan kanker payudara.

Fitoestrogen tidak selalu 'menyerupai' estrogen. Pada beberapa jaringan, fitoestrogen sebenarnya memblokir aksi dari estrogen. Jika aksi pemblokiran estrogen tersebut terjadi di payudara, maka makan kedelai secara teoretis dapat menurunkan risiko kanker payudara karena estrogen merangsang pertumbuhan dan 'multiplikasi' payudara dan sel-sel kanker payudara. 

Manfaat kedelai di atas bisa dinikmati wanita sehat. Tapi, bagi Anda yang memiliki riwayat kanker payudara, sebaiknya tidak berlebihan mengonsumsi kedelai dan olahannya. Beberapa studi menunjukkan, asupan protein kedelai yang berlebihan dapat merangsang pertumbuhan sel-sel kanker payudara. (f)



 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?