Celebrity
Ben Affleck: Luput Dari Nominasi Oscar!

15 Apr 2013

Jauh sebelum wajah gantengnya laris manis sebagai bintang utama di film-film box-office serta menjadi headline di berbagai tabloid hiburan, Ben Affleck sebenarnya sudah ‘jatuh cinta’ pada liku-liku proses produksi sebuah film. Bersama sahabat karibnya, Matt Damon, suami aktris Jennifer Garner ini menulis naskah film Good Will Hunting (1997) yang memenangkan piala Oscar untuk kategori Naskah Film Terbaik.
   
Sejak itu, nama Ben sebagai aktor yang juga piawai menulis naskah film mulai berkibar di belantara Hollywood. Tetapi, nama besar dan honor jutaan dolar tak cukup membuat Ben puas dalam berkarya. Meski mengaku senang berakting, Ben tetap menyimpan perasaan ‘ada yang kurang’.

“Kadang-kadang, saya merasa ada dorongan untuk menerjemahkan suatu adegan dengan cara berbeda seperti yang diminta sutradara. Ketika dibicarakan dengan sutradara yang bersangkutan, ada kesan seolah-olah saya menentangnya,” kata Ben, yang ketika masih kuliah di Jurusan Film Occidental College, Los Angeles, sempat menyutradari film pendek berjudul I Killed My Lesbian Wife, Hung Her on a Meat Hook, and Now I Have a Three-Picture Deal at Disney.
   
Begitu ada kesempatan, Ben tak ragu mengekspresikan bakat terpendamnya di luar kemampuan berakting. Tak tanggung-tanggung, Ben berperan sebagai produser, sutradara, dan penulis naskah sekaligus dalam film Gone Baby Gone (2007), yang berkisah tentang kasus penculikan seorang anak perempuan. Jerih payahnya itu terbayar dengan gelar Sutradara Pendatang Baru Terbaik serta Film Pertama Terbaik dalam sejumlah ajang apresiasi film di Amerika.
   
Ben kembali beraksi sebagai sutradara dan penulis naskah dalam film The Town (2010) yang mendapat pujian dari para kritikus film dan kian mengukuhkan namanya sebagai sutradara jempolan. Namun, setinggi apa pun pujian yang mengalir masuk untuk film Gone Baby Gone dan The Town, kalangan perfilman sepakat bahwa Argo (2012) adalah karya ‘masterpiece’ yang membuat nama Ben layak disandingkan dengan sutradara senior, seperti Ang Lee dan Stephen Spielberg. Itu sebabnya, ia juga meraih gelar Sutradara Terbaik di ajang British Academy Film Awards (BAFTA) 2013. Bahkan, Argo meraih gelar Film Terbaik di ajang yang sama. Kemenangan beruntun ini membuat banyak pihak tak habis pikir mengapa nama Ben Affleck sampai luput masuk nominasi Oscar tahun ini untuk kategori Sutradara Terbaik. (f)



 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?