Trending Topic
Belanja di Mana?

2 Jan 2015


Menurut situs canadianliving.com, berbelanja bahan makanan dan kebutuhan rumah tangga sehari-hari merupakan pengeluaran bulanan orang Kanada terbesar kedua setelah cicilan atau biaya sewa rumah. Memang, meski sudah membuat daftar belanjaan, ada saja barang yang dibeli di luar daftar tersebut. Ini cara menyiasatinya:
- Untuk produk-produk tertentu, seperti tisu, produk pembersih rumah tangga, tepung, atau gula, pilihlah merek yang dikeluarkan oleh supermarket atau hypermarket tempat Anda berbelanja. Biasanya, produk mereka harganya lebih murah, tapi kualitasnya juga tidak jauh berbeda karena diproduksi oleh produsen ternama. Lumayan, Anda bisa menghemat 25% pengeluaran dengan trik ini.
- Sebelum berbelanja, ceklah situs hypermarket populer untuk mencari tahu program promo yang sedang ditawarkan. Tapi, jangan sampai demi mengejar promo, Anda pergi berbelanja ke empat tempat yang berbeda. Pilihlah satu hypermarket yang menawarkan promo paling menguntungkan.
- Barang grosir yang dijual dalam jumlah banyak harganya lebih murah daripada harga satuan. Anda bisa langsung membeli untuk kebutuhan sebulan. Dengan begitu, Anda juga tidak perlu bolak-balik berbelanja sehingga menghemat biaya bensin, parkir, dan jajan.
    Tapi, ini hanya berlaku untuk barang-barang atau produk makanan yang tahan lama atau bisa habis cepat, seperti susu UHT kemasan kecil, kecap, minyak goreng, produk pembersih rumah tangga, dan sebagainya.
- Berbelanja bahan makanan segar di pasar bisa jauh lebih murah daripada di supermarket. Jadwalkan untuk berbelanja ke pasar seminggu sekali di akhir pekan. Agar efektif, buatlah daftar menu selama seminggu, jadi Anda punya gambaran pasti bahan-bahan makanan apa saja yang Anda butuhkan.
- Anda penggemar sayuran atau bahan makanan organik? Daripada membelinya di supermarket besar, coba, deh, kunjungi pasar-pasar organik dadakan. Misalnya, Pasar Organik Jakarta yang biasanya membuka ‘lapak’ di Jalan Sunda, Jakarta Pusat (di samping Sarinah), saat car free day. Produk organik yang dijual didapatkan dari petani langsung, jadi harganya bisa 30% lebih murah dibandingkan di supermarket.
- Selain itu, sekarang juga banyak institusi yang bekerja sama dengan komunitas petani organik dan membantu menjualkan produk mereka. Contohnya, Green Radio di Utan Kayu, Jakarta Timur. Tiap hari Senin, pengiriman sayur-sayuran organik dari petani organik di Sarongge, Puncak, Cianjur, Jawa Barat, tiba. Anda juga bisa mencoba berbelanja sayuran organik online di healthylifefarm.webs.com yang memiliki perkebunan sendiri di Purwakarta, atau di gudangorganik.com.
- Manfaatkan reward point dari kartu kredit atau rekening tabungan Anda untuk berbelanja.(EKA)



 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?