Health & Diet
Bau badan, dari mana asalnya?

20 Mar 2013


Dari Mana Asalnya?
Tubuh kita memiliki dua jenis kelenjar keringat, yaitu kelenjar ekrin yang banyak terdapat pada telapak tangan, kaki, dan wajah, serta kelenjar apokrin yang tersebar di daerah tubuh yang ditumbuhi rambut. Keringat yang dikeluarkan kelenjar ekrin terdiri dari air dan garam, sementara kelenjar apokrin mengeluarkan keringat yang mengandung lemak, protein, dan karbohidrat. "Kelenjar apokrin sering dijadikan kambing hitam timbulnya bau badan. Sebab, bau badan timbul jika bakteri alami pada kulit memecah protein sehingga menjadi asam," jelas dr. Amaranila Lalita Drijono, SpKK dari Perempuan Klinik dan Rumah Puan.

Dua jenis asam yang melepaskan bau tidak sedap itu, menurut Amaranila, adalah:
Asam propionat atau asam proponat, yang memiliki bau seperti cuka. Asam ini merupakan hasil penguraian keringat oleh propionibacteria, yaitu sejenis bakteri yang hidup di saluran kelenjar sebasea manusia remaja dan dewasa.
Asam isovalerik, yang memiliki bau seperti keju yang sangat kuat dan merupakan hasil penguraian keringat dengan bakteri staphylococcus.(f)





 

polling
Pertimbangan Dalam Memilih Kartu Kredit

Belakangan ini bank makin kreatif dan gencar dalam meluncurkan kartu kredit. Mereka pun bersaing memberikan berbagai fasilitas untuk menggaet pengguna baru.