Health & Diet
Baru Melahirkan, Hamil Lagi. Bolehkah?

28 Mar 2012

Tanya:

Sekarang saya mengandung 4 bulan. Padahal, putra saya baru berusia 9 bulan dan dulu saya melahirkan secara caesar. Apakah hal ini berbahaya?

Jawab:

Hamil setelah operasi caesar memang lebih berisiko dibanding kehamilan biasa. Karena, di uterus masih ada bekas luka akibat operasi caesar. Namun, dari pengamatan saya, angka terjadinya robekan spontan bekas luka operasi di rahim saat kehamilan sangat kecil. Jadi, kehamilan pada bekas operasi caesar tergolong aman.

Yang penting diperhatikan adalah pemantauan saat persalinan. Sebelum terjadi persalinan dengan bekas operasi caesar, dokter harus memeriksa dengan cermat kondisi ibu dan janin. Bila tidak ada kontra indikasi untuk persalinan, masih dimungkinkan mereka yang sudah pernah mengalami operasi caesar untuk melahirkan normal. Namun demikian, bila terjadi kehamilan sebelum masa satu tahun dari operasi sebelumnya, dari penelitian didapatkan bahwa risiko komplikasi akan lebih besar, sehingga sebagian ahli lebih menyarankan untuk tidak dicoba persalinan normal, dan langsung dianjurkan untuk operasi caesar.

Konsultan: dr. Dwiana Ocviyanti Sp.OG.


 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?