Money
Asuransi Untuk Asisten Rumah Tangga

22 Oct 2012


Tanya:
Saya punya asisten rumah tangga yang memiliki anak berusia 5 tahun. Saya ingin membantu membiayai pendidikan anaknya. Selain uang tunai, apakah sebaiknya saya membelikannya asuransi pendidikan?

Jawab:
Asuransi dalam perencanaan keuangan lebih berfungsi untuk proteksi. Untuk asisten rumah tangga (ART) dengan anak berusia 5 tahun, sebaiknya Anda membantu tujuan jangka pendek terlebih dahulu. Bagaimanapun juga, kebanyakan pola kerja ART zaman sekarang adalah jangka pendek.

Coba perhatikan untuk 5 tahun ke depan. Anda bisa memberikan bantuan segala kebutuhan pendidikan anak ini selama satu tahun ke depan dalam bentuk tunai. Sementara, untuk tahun ke 2 sampai 4, bisa dalam bentuk tabungan berjangka waktu.
Kebutuhan jangka pendek ini masih bisa terpenuhi dengan tabungan karena inflasi belum menggulung. Sementara, untuk dana pendidikan dengan jangka waktu di atas 5 tahun, kita perlu berinvestasi. Contohnya menggunakan produk investasi seperti emas atau reksa dana.



 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?