Food Review
Apresiasi Kopi

22 Aug 2012

‘Kerajaan’ kopi tengah dibangun One Fifteenth. Biji kopi berkategori COE (Cup of Excellence), grinder andal, dan inteligensi barista, menyatu di kafe yang dibuka awal Juni ini. “Rasio ideal, 1 g : 15 ml antara kopi dan air untuk seduhannya, jadi ide di belakang nama One Fifteenth,” ujar Nathalia Gunawan, sang pemilik.

Standar kualitas yang ditawarkan kafe ini makin tergambar ketika mengevaluasi ke bagian coffee bar. La Marzocco seri Strada, sebuah mesin kopi kelas premium, bekerja menyeduh tiap cangkir kopi yang ditawarkan. “Kabarnya, seduhan espresso-nya tak main-main,” ujar seorang kolega yang rajin ngubek berita kopi terkini. 

Walau fanatis kopi  lebih dapat mengapresiasi ekstraksi mesin impian itu, femina, mewakili selera awam, tetap bisa merasakan kebaikan yang dicari-cari dalam sebuah espresso, crema berwarna keemasan (buih karbondioksida hasil tekanan panas mesin pada biji kopi), dan caffeol (minyak dari biji kopi penyumbang aroma dan rasa). 

Penyulingan dingin dengan es, dapat dicoba di Lemon Coffee. Alat Kalita-Wave juga menjadi salah satu teknik seduh yang digunakan. Teguk pula kopi Sulawesi-Sapan yang ‘gagah’ berdiri sendiri (single origin), tanpa perlu dicampur dengan biji kopi lain. Mirip hot choco di sensasi pertama, kemudian berkembang ke rasa yang bold. Beberapa orang ada yang menyukainya dingin, sementara menurut femina lebih nikmat diteguk panas. Apa pun pilihan Anda, kebaikan biji kopi ini merupakan berkah dari dataran tinggi Toraja. 

Horchata menjadi minuman di luar kopi yang jarang ditemui publik Jakarta sekalipun. Tim dapur kafe memodifikasi minuman susu beras-almond Meksiko ini dengan tambahan es serut rasa stroberi (tak sepadat sorbet) dan rose syrup. Jangan lupakan sepiring churros di sampingnya! (RAN)
Alamat: Jl. Gandaria I No. 63, Jak-Sel. Telp: (021) 7225678. Jam Buka: 08.00-22.00 WIB. Harga*: Rp20.000 - Rp40.000. Suasana: Minimalis dengan warna putih, berteman furniture kayu dan hitam, seperti aliran desain Swedia. 

*) Harga dapat berubah sewaktu-waktu, cek sebelum bersantap.


FOTO: HARRY HIKMATULLAH.



 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?