Trending Topic
Apresiasi Bagi Komunitas Wirausaha Sosial Indonesia

9 May 2012

Sebelas Komunitas Wirausaha Sosial Indonesia terpilih sebagai pemenang dalam Program Community Entrepreneurs Challenge, yakni sebuah program kerjasama antara British Council dan TheArthur Guiness Fund untuk memberikan dukungan bagi pertumbuhan kewirausahaan sosial di Indonesia (Social Community Entreprenuers).

Komunitas-komunitas tersebut terpilih sebagai pemenang atas kontribusinya dalam menemukan solusi dari masalah-masalah sosial maupun lingkungan melalui kreativitas berbasis ekonomi kreatif yang inovatif dan tentunya melibatkan komunitas sekitarnya.

“British Council bersama The Arthur Guiness Fund berkomitmen untuk memberikan support jangka panjang kepada komunitas wirausaha sosial di Indonesia,” Ujar  Direktur British Council Indonesia, Keith Davies.

“Dengan Kemitraan yang dijalin dengan The Arthur GuinessFund, kami memberikan  Training kepada 150 komunitas wirausaha,selain itu kami juga memberikan pelatihan networking, mentoring serta fund senilai total 1,2 miliar rupiah bagi 11 komunitas terpilih”, jelas Keith.

“Kami harapkan dengan adanya program ini para peserta,khususnya komunitas yang terpilih dapat mengekspansi usaha mereka dan membuka pintu bagi mereka untuk mengekspor produk-produk kreatif yang dihasilkan lebih luas lagi,” ungkap Fredrick Otieno, Perwakilan Arthur Guiness Fund.

Menariknya, segala aktivitas diberbagai komunitas wirausaha sosial ini kemudian diabadikan ke dalam foto-foto nan indah dan unik oleh dua fotografer handal Ferilatief dan Harum Sekartaji. Foto-foto ini menyoroti berbagai Isu sosial seperti menciptakan wirausaha sosial untuk menentang pembalakan liar, timbunan sampah, perusakan budi daya laut, melestarikan batik, sampai memopulerkan kembali mainan tradisional anak di zaman modern ini.

"Pameran ini bertujuan menyosialisasikan isu-isu penting yang ada di masyarakat melalui media fotografi untuk mengkomunikasikan kegiatan setiap komunitas yang memberikan kontribusi positif bagi masyarakat luas," jelas Yudhi Soerjoatmodjo, Editor Pameran Foto.

Bagi Anda yang penasaran ingin melihat hasil karya unik mereka, Anda dapat datang ke Pameran Foto “Kreativitas Untuk Komunitas yang Lestari” yang dipertunjukkan di Teater Kecil Taman Ismail Marzuki, tanggal 8 - 12 mei 2012.

Woro Hartari Trianti



 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?