Health & Diet
Alergi Obat

5 Apr 2014


Saya (32), ibu rumah tangga yang tak memiliki riwayat penyakit apa pun. Hanya, saya punya alergi obat sejenis penisilin, profenid, parasetamol, dan tramal. Efek sampingnya: mata dan saluran pernapasan membengkak. Apakah alergi obat bisa disembuhkan?

Vany - Surabaya

Menurut Dr. Kartono Mohammad,lergi obat sering terjadi dan akan berulang untuk obat yang sama. Alergi makanan atau debu terkadang bisa diobati dengan desensitisasi, yang diberikan sedikit demi sedikit sampai alergi tak kambuh lagi. Sayangnya, cara ini tak bisa diterapkan untuk alergi obat karena risikonya besar.
Jadi, Anda harus menghindari konsumsi obat-obatan tersebut. Untuk menghindari pemakaian berulang, catatlah nama-nama obat penyebab alergi dan jangan lupa menginformasikannya kepada dokter tiap kali berobat.
Perhatikan juga kandungan aktif obat yang Anda minum, sebab obat-obatan yang sama bisa dijual dengan nama lain atau merek berbeda. Untuk berjaga-jaga, sediakan obat antihistamin (obat antialergi) yang disarankan dokter Anda. Apabila alergi terbilang berat, ditandai sesak napas, badan menggigil, dan mata gelap, Anda perlu menyediakan prednisone.(f)




 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?