Health & Diet
Agar Badan Lebih Berisi

10 Aug 2011

Bingung karena badan Anda selalu kurus walaupun sudah makan banyak? Menurut dr Laila Hamid, MKK, CFN dari klinik Body Looks, ada 4 faktor yang memengaruhi seseorang cenderung selalu kurus.

1. Keturunan, biasanya, bentuk tubuh diturunkan dari orang tua.
2. Kebiasaan orang tua, misalnya, pola makan dan aktivitas yang diajarkan di rumah.
3. Lingkungan. Di kantor yang sibuk, misalnya, membuat banyak karyawan sering lupa makan.
4. Penyakit, misalnya karena gangguan pencernaan dan hipertiroid.


Agar badan Anda lebih berisi, ikuti tip berikut ini:

1. Prinsip menaikkan berat badan memang menambah asupan energi. Tapi, caranya bukan berarti harus lahap makan sumber lemak yang tinggi energi. Melainkan, tetap menjaga pola makan yang baik dan seimbang dengan komposisi : adalah 50% karbohidrat, 20% protein, sisanya sampai 100% barulah lemak, vitamin, mineral, dan sebagainya.

2. Asupan makanan harus sedikit lebih banyak dari kebutuhan energi Anda. Caranya sederhana: jika Anda biasa makan 6 sendok nasi, tambahlah menjadi 8 sendok. Jika biasa makan satu potong ayam, tambahlah dengan ikan. Jika biasa makan satu buah pisang, tambahlah satu buah lagi. Frekuensinya: makan pagi, siang, malam, dengan dua makan selingan antara pagi dan siang, dan antara siang dan malam.

3.
Saat Anda sudah berusaha memperbaiki pola makan, namun tidak berhasil, itu saatnya Anda berkonsultasi dengan dokter untuk pemeriksaan mendetail. Mungkin saja Anda mengalami gangguan hormon, seperti hipertiroid atau sakit cacingan yang memang bisa mengganggu penyerapan gizi. Mungkin Anda  perlu memeriksakan kadar hormon, dan sebagainya.

4.
Obat-obat yang mengklaim bisa menaikkan berat badan, harus dikonsultasikan dengan dokter. Obat seperti itu biasanya bersifat merangsang nafsu makan. Namun, ada pula yang membuat tubuh menimbun cairan dalam tubuh dan bisa berbahaya jika dikonsumsi dalam waktu lama. (f)



 

polling
Ending AADC 2

Film Ada Apa Dengan Cinta 2 sudah mulai tayang di bioskop sejak 28 April lalu. Setelah menunggu selama 14 tahun, penonton pun bisa menyaksikan lanjutan kisah Cinta dan Rangga, plus persahabatan geng Cinta.

Apakah Anda puas dengan ending film AADC 2?