Health & Diet
7 Penyakit Saat Liburan Ke Luar Negeri

9 Jul 2014

Waspadai!     
Penyakit-penyakit berikut ini mungkin terjangkit saat Anda liburan di luar negeri:

Diare. Meski sebenarnya orang Indonesia memiliki pencernaan yang kuat, Anda tetap perlu berhati-hati. Terutama saat mengonsumsi air minum langsung dari keran air. Di negara maju sekalipun, tidak semua air keran layak dikonsumsi. Jaga juga kebersihan dengan rajin mencuci tangan.

Infeksi saluran pernapasan. Perubahan cuaca bisa menyebabkan gangguan saluran pernapasan. Pada musim gugur dan dingin, udara cenderung lebih kering, membuat Anda lebih mudah terserang sakit tenggorokan dan batuk.

Alergi. Ketahui alergi yang Anda dan anggota keluarga lainnya miliki. Ketika berlibur, hindari  pencetus alergi Anda sekeluarga. Saat musim semi dan panas, udara lebih banyak mengandung pollen (serbuk sari) dan ini bisa merangsang alergi. Jika tidak dapat dihindari, sebaiknya siapkan obat alergi.

Demam. Demam ringan bisa disembuhkan dengan mengonsumsi obat-obatan standar yang telah dipersiapkan. Yang perlu diperhatikan adalah bila demam mencapai 39 derajat lebih, terutama pada anak-anak. Dalam kondisi seperti ini, sebaiknya segera bawa anak Anda ke rumah sakit atau klinik terdekat.

Influenza. Jika Anda bepergian saat musim flu, sebaiknya berikan anak vaksin influenza. Tapi, konsultasikan hal ini terlebih dahulu ke dokter anak. Tingkatkan juga daya tahan tubuh anak dengan banyak mengonsumsi multivitamin serta makanan bergizi.

Dehidrasi. Kegiatan yang padat dan udara yang berbeda membuat tubuh lebih mudah mengalami dehidrasi, terutama pada anak dan balita. Karena itu, pastikan asupan makanan dan cairan yang sesuai untuk tubuh. Jika anak mulai menunjukkan gejala lemas dan tidak mau makan, segera bawa ke dokter untuk mencegah dehidrasi yang makin parah.  

Winter depression. Orang yang terbiasa mendapatkan sinar matahari sepanjang hari dapat mengalami gangguan kejiwaan winter depression ketika tubuhnya tidak mendapatkan sinar matahari, seperti saat musim dingin. Umumnya, orang tersebut akan merasa lebih gloomy, tidak bisa menikmati suasana, tidak ceria, dan malas melakukan apa-apa. Tapi tak perlu khawatir, kondisi ini akan hilang dengan sendirinya setelah tubuh beradaptasi.  



 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?