Beauty Trend
4 Fakta Seputar Kulit Mata

7 Jul 2011

Coba perhatikan dengan lebih cermat saat Anda bercermin, terutama pada bagian mata. Apakah Anda mengalami beberapa masalah seperti di bawah ini?

Walaupun sudah tidur 8 jam setiap hari, kantong mata tetap timbul. Kenapa?

Tidur 8 jam sehari tidak menutup kemungkinan timbulnya kantong mata. Hal ini juga dapat disebabkan oleh sistem pembuangan cairan tubuh atau lymphatic drainage yang kurang lancar. Atau dapat juga disebabkan oleh berlebihnya lemak di bagian dalam kulit, hingga terlihat agak membengkak dan menjadi kantong mata. Ini akibat mengonsumsi makanan berlemak dan bergaram secara berlebihan.

Usia saya baru 25 tahun, tapi mengapa sudah terlihat kerutan di seputar mata?

Hal utama yang memicu terjadinya kerutan halus adalah dehidrasi kulit, penuaan dini, dan penuaan biologis. Faktor hormonal juga turut berpengaruh. Kerutan yang lebih jelas pada sudut luar mata (crow’s feet) disebabkan oleh penuaan dini akibat terpaan sinar matahari yang berlebihan, yang merusak jaringan kolagen dan elastin pada otot muka.

Apakah pelembap wajah dapat berfungsi sebagai pelembap kulit mata?

Kandungan yang dimiliki pelembap wajah formulasinya tidak cocok untuk permukaan kulit mata yang tipis dan sensitif. Kadang-kadang terlalu keras, dan dapat menyebabkan iritasi. Itulah sebabnya, sering ditemui peringatan pada aturan pakai untuk menghindari area seputar mata. Saat beraktivitas di siang hari, sebaiknya gunakan krim mata yang mengandung SPF.

Apakah semua krim mata mampu mengatasi semua keluhan kulit seputar mata?

Sebelum memakai krim mata, biasakan selalu baca petunjuk yang tertera pada kemasan. Krim yang berfungsi menyamarkan kerutan pada mata, belum tentu cocok untuk menghilangkan lingkaran hitam dan kantong mata, demikian pula sebaliknya. Untuk mengaplikasikan krim mata, gunakan jari manis dan cukup ditepukkan dengan lembut pada permukaan kulit, jangan digosok. (f)



 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?