Beauty Trend
10 Jawaban Masalah Kecantikan

7 Oct 2011

1. Meskipun tidak rontok, rambut lama-kelamaan terlihat tipis. Mengapa?
Penuaan pada kulit kepala, faktor keturunan, dan hormonal adalah beberapa penyebabnya. Meskipun tidak rontok, diameter batang rambut mengecil sehingga rambut yang semula tebal jadi terlihat tipis.

2. Dapatkah penuaan kulit kepala diatasi?
Hal tersebut bisa diperlambat dengan antioksidan. Bisa didapat melalui makanan maupun produk perawatan rambut yang kaya antioksidan. Asupan air yang cukup, olahraga teratur, dan gaya hidup sehat juga sebaiknya dilakukan secara simultan agar lebih efektif.

3. Dapatkah bulu mata yang rontok tumbuh kembali?
Tentu saja. Namun, proses tumbuhnya tidak secepat pertumbuhan rambut di area kulit kepala. Suplemen-suplemen yang dikonsumsi untuk pertumbuhan rambut memang bisa membantu, meskipun tidak signifikan.

4. Apa itu milia?
Milia adalah bintil-bintil kecil berwarna putih yang biasanya muncul di daerah sekitar mata dan pipi. Milia terbentuk karena keratin di bawah lapisan kulit tidak mengelupas secara sempurna, namun malah menggumpal di dalam. Tidak bisa dihilangkan hanya dengan dipencet. Facial teratur dapat mengatasinya.

5. Bagaimana kantung mata (baggy eyes) bisa terbentuk? Bisakah dihilangkan?
Faktor umur adalah penyebab utama setelah faktor keturunan (genetik). Usia yang bertambah menyebabkan kulit menipis sehingga lemak yang terkumpul di bawah kulit semakin terlihat dan berkantung. Cara menghilangkan kantong mata dengan membuang lemak yang menumpuk tersebut (operasi) dan mengencangkan kulit (laser).

6. Mengapa make-up tidak terbaur secara sempurna saat sedang hamil?
Saat hamil, wanita mengalami perubahan hormonal yang menyebabkan kondisi kulit secara fisiologis berubah (misalnya, pori-pori membesar dan kulit menjadi lebih mudah berminyak). Perubahan kulit tersebut memungkinkan hasil riasan tidak sebaik saat wanita tidak hamil.

7. Tepian bibir lambat laun menghitam. Kenapa, ya?
Hal itu terjadi karena pembengkakan pembuluh darah di lapisan kulit. Ini sama dengan pembentukan lingkaran hitam di bawah mata. Selain faktor keturunan, nikotin pada rokok dan paparan sinar matahari berlebihan bisa menjadi penyebabnya. Sangat dianjurkan untuk menggunakan lip balm atau lipstik yang mengandung SPF untuk melindungi bibir.

8. Produk perawatan apa yang cocok untuk mengatasi bibir yang mengalami sun burn?
Sebaiknya menggunakan produk-produk aftersun, seperti krim penyejuk dan krim emollient. Produk dengan bahan alami aloe vera juga mampu mengurangi rasa nyeri.

9. Apa yang menyebabkan munculnya kutil di kaki & tangan?
Kutil yang muncul di kaki dan tangan disebabkan oleh human papilloma virus (HPV) dan kutil jenis ini menular (beda dengan kutil yang tumbuh di wajah, punggung, atau leher yang dikarenakan karena bertambahnya usia). Kutil jenis ini bisa dihilangkan dengan bedah kimia, bedah listrik, atau bedah laser.

10. Apa penyebab kuku mudah terkelupas?
Penyebab kuku terkelupas beragam. Infeksi jamur, penyakit sistemik, hingga yang paling sering dijumpai, yakni eksim pada kuku (daerah pangkal kuku mengalami peradangan) dan kurang nutrisi. Untuk mencegah dan mengatasi, dianjurkan mengonsumsi makanan yang kaya asam amino (protein) dan vitamin E. (f)



 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?