Health & Diet
Tipe-Tipe Leukemia

11 Mar 2014

Sebenarnya apa leukemia? Bisakah penyakit ini disembuhkan? Dokter Dr. dr. Lugyanti Sukrisman, SpPD-KHOM dari Divisi Hematologi-Okologi Medik Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, memaparkan tentang penyakit ini. 

Ada beberapa jenis leukemia. Secara umum, leukemia dikelompokkan oleh seberapa cepat sel tersebut akan berakibat buruk dan jenis sel darah putih yang mempengaruhi. Leukemia dapat berupa leukemia akut atau kronis.

Leukemia akut akan menyebabkan penderita merasakan sakit secara cepat. Keadaaan cepat memburuk bahkan dalam hitungan minggu. Sedangkan leukemia kronis, tidak menimbulkan gejala pada penderita selama bertahun-tahun dan memburuk secara perlahan. Penderita memiliki harapan hidup lebih lama, bahkan hingga 5 tahun.
   
Dilihat dari jenisnya, leukemia dapat dibedakan menjadi 4:

Leukemia limfoblastik akut (ALL): ALL mempengaruhi sel-sel limfoid dan tumbuh dengan cepat. Setiap tahun, lebih dari 5.000 kasus baru leukemia dari jenis ini. ALL paling umum terjadi pada anak-anak, namun tak menutup kemungkinan menjangkiti orang dewasa.

Leukemia mielositik akut (AML): AML mempengaruhi sel-sel myeloid dan tumbuh dengan cepat. Setiap tahun, lebih dari 13.000 kasus baru dari leukemia jenis ini. Penyakit ini terjadi pada orang dewasa dan anak-anak.

Leukemia limfositik kronis (CLL): CLL mempengaruhi sel-sel limfoid dan biasanya tumbuh perlahan-lahan. Setiap tahun, lebih dari 15.000 kasus baru dari leukemia jenis ini. Paling sering, orang didiagnosis dengan penyakit ini di atas usia 55. Jenis ini hampir tidak pernah menjangkiti anak-anak.

Leukemia mielositik kronis (CML): CML mempengaruhi sel-sel myeloid dan biasanya tumbuh lambat pada awalnya. Setiap tahun, ditemukan hampir 5.000 kasus baru dari leukemia jenis ini. CML terutama menyangkiti orang dewasa.



 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?