Agenda
Pattimura Aquathlon, Olahraga Sambil Menikmati Keindahan Alam dan Budaya Maluku

19 Jun 2017


Foto: Kawasan Benteng Duurstede
Dok. Pattimura Aquathlon

Satu lagi event menarik untuk pencinta olahraga! Kali ini datang dari Maluku. Sambil berolahraga, Anda bisa menikmati keindahan Pulau Saparua di Pattimura Aquathlon 2017.

Ajang lomba multisport, kombinasi antara renang dan lari ini akan berpusat di Benteng Duurstede pada 15 Juli 2017. Ada dua kategori jarak yang dipertandingkan.

1/ Short distance, peserta lomba harus menuntaskan fase renang sejauh 750 meter yang dilanjutkan dengan fase lari sejauh 7,5 kilometer sebelum masuk garis finish.

2/ Long distance, peserta harus berenang sejauh 1,5 kilometer yang kemudian disusul berlari sejauh 15 kilometer.

“Lintasan lari akan melewati sejumlah landmark yang menjadi ikon Pulau Saparua seperti Tugu Perjuangan, Rumah Pattimura, dan rumah adat Baileo,” kata Rizky Sutjipto, Project Manager Pattimura Aquathlon di Jakarta Selasa (13/6).  

Kompetisi renang akan berlangsung di kawasan pantai di depan Benteng Duurstede.

Selain untuk mengenang 200 tahun gugurnya pahlawan Kapitan Pattimura, ajang ini juga sekaligus ingin memperkenalkan kekayaan alam, seni, dan budaya Maluku.

Peserta bisa menyaksikan Festival Seni Beta yang akan diisi dengan berbagai pertunjukan seni oleh seniman-seniman Maluku.

Monardo mengatakan bahwa penyelenggaraan lomba tersebut memang untuk memperingati 200 tahun gugurnya pahlawan Kapitan Pattimura. Namun, di sisi lain, event ini juga digelar untuk membantu menggerakkan roda perekonomian di Maluku, khususnya Pulau Saparua.

Maluku sudah aman dan layak untuk dikunjungi. Situasinya sudah sangat berbeda dengan awal tahun 2000-an,” ujar Mayjen Dodi Monardo, Pangdam XVI Pattimura.

Tertarik ikut? Daftarkan diri Anda lewat http://pattimuraaquathlon.race.id/registration.html.

Seluruh hasil biaya pendaftaran akan digunakan untuk melakukan program sosial di sejumlah sekolah yang ada di Pulau Saparua. (f)

 

Desiyusman Mendrofa


Topic

#Lari, #olahraga