Trending Topic
Zaskia Adya Mecca, Memanfaatkan Popularitas untuk Memasarkan ZAM Cosmetics

26 Mar 2017


Foto: Dok. Pribadi

Setelah 3 tahun menjalankan bisnis clothing line Meccanism, Zaskia Adya Mecca (29) kemudian termotivasi untuk membuka bisnis baru sebagai pelengkap. Ia pun menciptakan sebuah produk yang selalu ia pergunakan  tiap hari, yaitu pewarna bibir. Mengapa memilih pewarna bibir? Karena kosmetik jenis itulah yang selalu Zaskia pakai  tiap hari. “Bila bukan karena tuntutan syuting, saya tidak mau memakai make up. Namun, memakai pewarna bibir adalah sebuah keharusan,” katanya, tersenyum.

Maka, awal tahun 2016, Zaskia mulai menciptakan formula produk lip cream menggunakan jasa ahli di sebuah pabrik. Butuh waktu satu tahun untuk menyempurnakan formula dan juga melengkapi izin-izinnya, baik SIUP, pendaftaran merek, izin edar dari BPOM, juga sertifikat halal dari MUI. “Khusus di BPOM saja, pengurusannya hingga 6 bulan,” ungkap Zaskia, yang  meluncurkan produknya, bertema Unleashing Your Inner Beauty, pada Januari 2017 lalu.  

Selain menggunakan jasa ahli di pabrik, Zaskia juga bekerja sama dengan ahli di luar pabrik. Tujuannya, agar ia memperoleh pendapat yang berbeda tentang produknya. “Demi menghindari timbulnya masalah di kemudian hari, maka saya bekerja sama dengan ahli di luar pabrik untuk menguji ulang formula produk saya,” tuturnya. Produk lip cream dari ZAM Cosmetics kini terdiri atas empat varian warna: Blush, Silk Ribbon, Plum, dan Red Scarlet.

Dalam mengurus bisnisnya yang tengah menanjak naik ini, Zaskia langsung turun tangan. Ia mendatangi pabrik, BPOM, dan juga MUI. “Saya ingin merasakan  tiap proses terciptanya produk dan siap untuk dijual. Ini adalah ‘baby’ saya yang harus saya rawat sendiri,” katanya. Zaskia juga mengajak enam saudaranya untuk terlibat mengurus bisnis. Khusus untuk pengurusan merek, pajak, dan administrasi, ia percayakan kepada adiknya yang laki-laki. Sang kakak, ia percaya untuk mengurus pemasarannya. Sementara  saudara-saudara perempuannya, ia percaya sebagai brand ambassador.

ZAM  memang dilahirkan dengan konsep sisterhood, mewakili 5 kakak beradik dengan kepribadian yang berbeda-beda. Zaskia mewakili karakter ramah dan pencinta kebebasan yang bertanggung jawab, Tasya Nur Medina,  representasi karakter feminin dan ceria, Tania Ray Mina mewakili kepribadian wanita karier yang edgy dan mandiri, Marsha Natika wujud wanita penuh keberanian dan sporty, sedangkan Rifqa Amalsyita merepresentasikan remaja yang unik dan stylish.

Dengan membawa konsep yang matang, ZAM memosisikan dirinya sebagai produk yang murah, aman, dan halal. Ia juga memastikan produknya tidak menimbulkan dampak bagi pengguna. Walau dipakai tiap hari, tidak akan membuat bibir pengguna menjadi hitam atau kering.

Untuk formulasi warna, Zaskia tidak bergantung pada tren. Ia tetap menciptakan warna sesuai kebutuhannya. Bahkan, penambahan varian warna yang akan mencapai sepuluh warna, bisa dipastikan semuanya adalah warna kesukaan Zaskia. “Ibarat makanan, saya tidak akan menyajikan kepada orang lain bila saya sendiri tidak selera memakannya,” katanya tegas.

Dalam menjalankan bisnis kosmetik ini Zaskia merasakan ketenaran namanya menjadi aset bisnis. Salah satunya dalam membangun kepercayaan khalayak terhadap produk yang ia ciptakan. Selain itu, dengan memanfaatkan jaringan penjualan clothing line yang sudah menjangkau hingga Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura, Hong Kong, dan Arab Saudi, pemasaran produk Zam Cosmetics akan lebih mudah. “Para reseller Meccanism yang ada di beberapa negara tersebut yang mengurus proses ekspor dan impor,” ujarnya.

Selain mengandalkan jaringan reseller, ia juga melakukan penjualan secara online. Begitu pula soal promosi, ia menggunakan akun media sosialnya sendiri. “Di Instagram, saya memiliki sekitar 8 juta followers, tentunya promosi lewat Instagram akan lebih efektif, jangkauannya pasti luas,” katanya.     

Rencananya, ia ingin mengembangkan produk kosmetik lainnya, seperti eye liner dan pensil alis. “Saat ini saya sedang melakukan uji coba contoh lipstik dengan warna yang sama dengan lip cream ZAM yang sudah beredar,” tutupnya. (f)  
 

Baca juga:


Topic

#bisnisseleb

 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?