Trending Topic
Isu Pelecehan Seksual Terhadap Buruh Wanita di Tempat Kerja di Film Angka Jadi Suara

18 May 2017


Foto: Dok. FLBP
 
“Apakah harus menunggu sampai statistik menyajikan angka yang fantastis, atau ada korban mati untuk bisa meraih perhatian publik?” ungkap Dian Septi Trisnanti, Sekretaris Jenderal Federasi Buruh Lintas Pabrik (FBLP), usai pemutaran film dokumenter Angka Jadi Suara, yang mengisahkan perjuangan kaum buruh wanita di pabrik tekstil melawan pelecehan seksual di tempat kerja. Kenyataannya,  tiap kali Dian dan kawan-kawan buruh mengangkat isu ini, pertanyaan pertama yang terlontar adalah, “Datanya mana? Angkanya berapa?” Seolah-olah, angka itu tidak mewakili nyawa manusia yang terhitung di dalamnya.

Sayangnya, isu pelecehan seksual di tempat kerja ini masih kalah ‘seksi’ dari isu upah buruh. Melalui film dokumenter berisi testimoni korban, yang diproduksi sendiri oleh beberapa buruh wanita di salah satu perusahaan tekstil milik BUMN di Cakung, Jakarta Timur, ini diharapkan bisa menjadi alat advokasi yang membangun kesadaran para pengusaha untuk melindungi para buruh wanitanya dari kejahatan seksual.

Kerja keras mereka membangun diskusi, mediasi, dan negosiasi dengan para pejabat di perusahaan tekstil ini berhasil menggaet lima perusahaan yang berkomitmen untuk memasang rambu bebas pelecehan seksual di lingkungan pabrik, dan melakukan sosialisasi tentang isu ini kepada pegawai pabrik. (f)

Baca juga:
Ayo, Mulai Bicara Tentang Kekerasan Seksual!
Pernah Menjadi Korban Pelecehan Seksual? Stop Menyalahkan Diri Sendiri!
Lawan Pelecehan Seksual: Pahami Hak dan Kewajiban
 

Naomi Jayalaksana


Topic

#Buruh