Trending Topic
Di Surabaya, Anda Bisa Naik Bus Bayar Pakai Plastik

12 Apr 2018



Foto: Dok. Pemkot Surabaya


Diet plastik sepertinya sudah harus ditanamkan di benak kita untuk bisa menjaga lingkungan. Pasalnya, sampah-sampah plastik ini akan menjadi limbah yang tak bisa didaur ulang dan merusak ekosistem lingkungan. Namun, plastik-plastik buangan ini kini bisa memiliki nilai ekonomis sendiri. Seperti misalnya di Surabaya, telah diresmikan operasional bis Suroboyo Bus yang pembayarannya menggunakan sampah plastik.

Menurut Walikota Surabaya Tri Rismaharini dalam peluncuran Suroboyo Bus ini pada 7 April lalu, ini adalah bentuk komitmen pemerintah kota Surabaya untuk menanggulangi akibat dari pemakaian plastik yang sifatnya tidak bisa hancur dalam waktu ratusan tahun. Selain untuk mengurai kemacetan, pengoperasian bus-bus ini juga diharapkan dapat mengurangi sampah plastik karena penumpang tidak diharuskan membayar dengan uang, tetapi dengan sampah plastik.

Seperti yang dilansir Antaranews, hitung-hitungan pembayarannya seperti ini: untuk satu kali naik, penumpang harus menukarkan 5 botol ukuran medium, 3 botol besar, 10 gelas air mineral, satu kantong kresek, dan kemasan plastik.

Penumpang yang ingin ‘menjual’ limbah plastiknya untuk ditukarkan dengan tiket bus bisa menukarkannya di bank sampah, drop box Terminal Purabaya yang telah bekerjasama dengan Dinas Kebersihan dan Pertamanan Surabaya. Nantinya, sampah-sampah plastik yang telah terkumpul ini akan diolah lagi untuk menjadi barang yang bermanfaat.

Tak hanya ramah lingkungan, armada yang beroperasi dari pukul 6 pagi – 10 malam dan berkapasitas 67 seat ini juga ramah bagi penyandang difabel. Ada tombol khusus yang jika dipencet akan ada asisten untuk membantu penyandang difabel turun dari bus yang tinggi pintunya sejajar dengan jalan sehingga bisa dilalui kursi roda. (f)

Baca Juga: 
Program Plastic Reborn Ajak Pelajar Ubah Sampah Jadi Plastik Jadi Tas Gaul ​

Harta Terpendam Dalam Sampah Anda! 

Lindungi Diri dari Polusi Udara, Ketahui Tip Memilih Masker yang Tepat 

 

Reynette Fausto


Topic

Suroboyo Bus

 

MORE ARTICLE
polling
Pertimbangan Dalam Memilih Kartu Kredit

Belakangan ini bank makin kreatif dan gencar dalam meluncurkan kartu kredit. Mereka pun bersaing memberikan berbagai fasilitas untuk menggaet pengguna baru.