Trending Topic
BPOM: Samyang U-dong dan Samyang Kimchi Mengandung Babi

19 Jun 2017


Foto: Stocksnap.io
 
Akhir pekan ini, para pencinta mi instan asal Korea, terutama yang Muslim tersentak dengan kabar samyang mengandung babi.

Badan Pengawasan Obat dan Makanan (Badan POM) telah mengumumkan secara resmi hasil pengujian sampel pada beberapa produk mi instan asal Korea, termasuk merek populer samyang positif terdeteksi mengandung DNA babi.

Dalam pengumuman resmi di laman www.pom.go.id, Badan POM menyatakan 4 produk itu adalah:

1/ Samyang, Mi Instan U-Dong
2/ Nongshim, Mi Instan (Shim Ramyun Black)
3/ Samyang Mi Instan Rasa Kimchi
4/ Ottogi Mi Instan (Yeul Ramen)

Saat pengecekan label di display pasar retail, ditemukan bahwa produk-produk tersebut tidak mencantumkan peringatan ‘Mengandung Babi’. Padahal, sesuai peraturan Kepala Badan POM Nomor 12 Tahun 2016, produk pangan olahan yang mengandung babi atau diduga mengandung babi harus:

1/ Diletakkan terpisah dari produk nonbabi serta diberikan keterangan ‘Mengandung Babi’.

2/ Pada label harus mencantumkan tanda khusus berupa tulisan “MENGANDUNG BABI” dan gambar babi berwarna merah dalam kotak berwarna merah di atas dasar warna putih.

Di luar itu, pihak Badan POM juga mengawasi produk yang beredar di pasaran dengan mengambil sampel dan mengujinya terhadap parameter DNA spesifik babi. 

Importir juga tidak menginformasikan kepada Badan POM saat pendaftaran untuk mendapatkan izin edar bahwa produk yang didaftarkan tersebut mengandung babi.

Baca juga:
Aman dengan Sertifikat Halal
Kontroversi Mi Instan

Saat ini, Badan POM telah memerintahkan importir yang bersangkutan untuk menarik produk dari peredaran untuk melindungi masyarakat, terutama konsumen produk halal. Badan POM juga akan mencabut izin edar empat produk mi instan asal Korea tersebut.

Menurut pihak MUI seperti yang dikutip oleh Kompas.com, ternyata 4 merek mi instan asal Korea tadi memang tidak pernah mendaftar sertifikat halal.

Anda juga dapat mengecek legalitas produk Obat dan Makanan melalui website Badan POM http://cekbpom.pom.go.id atau unduh aplikasi android “CekBPOM”. (f)
 

Rahma Wulandari


Topic

#Samyang, #makananhalal