Trending Topic
7 Hal Menarik Olimpiade Musim Dingin PyeongChang 2018: Dari Korea “Bersatu” Hingga Beli Suvenir Dengan Mata Uang Digital

13 Feb 2018

5. Disediakan 110.000 kondom


Foto: Dok. Mirror.co.uk
 
Panitia Olimpiade PyeongChang menyediakan 110.000 kondom selama event berlangsung. Kondom ini disediakan hasil kerja sama perusahaan Barunsengkak (sebanyak 100.000 kondom) dan Asosiasi Penanganan AIDS Korea (10.000 kondom). Kondom bisa didapatkan di Perkampungan Atlit (Olympic Village), stadion, dan ruang untuk media.
 
6. Terdapat toko di sekitar arena Olimpiade yang menerima pembayaran menggunakan mata uang digital (cryptocurrency)


Foto: Forbes.com
 
Tidak seberapa jauh dari PyeongChang Olympic Plaza, terdapat satu-satunya toko di PyeongChang yang menerima pembayaran dengan mata uang digital. Toko tersebut bernama Yongpyong Ski Zone yang berusaha dalam penjualan dan jasa penyewaan peralatan ski, juga menjual merchandise Olimpiade PyeongChang.


Foto: Forbes.com
 
Yongpyong Ski Zone menerima mata uang digital jenis Ethereum sebagai alat pembayaran demi memudahkan turis asing bertransaksi, meski keberadaan mata uang digital masih menjadi kontroversi hingga sekarang. Pertimbangan lain, PyeongChang merupakan bukan kota metropolitan, sehingga diperkirakan akan menyulitkan para turis asing menukarkan mata uangnya. Maka, dengan mata uang yang universal, para turis akan lebih mudah berbelanja.
 
7. Gedung tergelap di dunia didirikan

Foto: CNN.com
 
Sebuah bangunan sementara berdiri di pavilion Hyundai selama Olimpiade PyeongChang 2018 berlangsung dan diberi nama Gedung Tergelap di Bumi. Sebutan ini diberikan karena cat luar bangunan tersebut menggunakan materi tergelap didunia yang disebut Vantablack. Materi yang ditemukan oleh peneliti di Inggris pada tahun 2014 ini mampu menyerap cahaya hingga 99.965%. Bangunan ini memiliki tinggi 10 meter dan diciptakan oleh arsitek Inggris, Asif Khan, atas proyek dari Hyundai. Sekeliling bangunan yang berbentuk segi empat ini dihiasi lampu-lampu kecil sehingga tampak seperti bintang-bintang.(f)


Baca juga:
7 Seragam Atlet dari Negara yang Berpartisipasi di Olimpiade 2016
Kontroversi Burkini: Mulai dari Isu Keamanan Olahraga Hingga Identitas Seseorang
Atlet-atlet yang Jadi Trendsetter di Olimpiade Rio 2016


Topic

#olimpiadepyeongchang

 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?