Trending Topic
10 Hal Ini #RameDiTwitter Sepanjang 2018

6 Dec 2018

Dok: FLW

Rumor bahwa Twitter mulai ditinggalkan oleh para pengguna usia muda yang bergulir tahun lalu, tak menjadi kenyataan di tahun 2018 ini. Menurut Dwi Adriansyah, Country Industry Head Twitter di Indonesia dan Malaysia, tahun 2018 justru menjadi tahun kebangkitan konten Twitter di Indonesia. Dimana Twitter menjadi platform yang digunakan netizen untuk mencari informasi terbaru dan topik-topik yang sedang hangat dibicarakan.

“Mau tahu apa yang terjadi Hari ini, kitas ekarang tinggal membuka timeline Twitter dan melihat apa yang sedang ramai dibicarakan,” ungkap Dwi. Ini sebabnya pula yang mendorong Twitter untuk semakin mengkurasi akun-akun yang ada dan memastikan bahwa akun tersebut memberikan konten yang jelas dan tak menyebar hoax. “Tahun ini kami menutup sekitar 72 juta akun abal-abal yang tidak jelas pemiliknya dan berpotensi menyebarkan berita tidak benar atau hoax,” jelas Dwi.

Sifat Twitter yang live dan conversational memang menjadi daya tarik bagi masyarakat Indonesia, yang pada dasarnya adalah makhluks sosial dan senang hidup bersama. Lewat Twitter informasi bisa mereka dapatkan secara real time sekaligus ikut berpartisipasi dalam beragam topik percakapan yang terjadi di linimasa; mulai dari destinasi wisata, olahraga, hiburan, politik, dan lain sebagainya.

Menanggapi banyaknya konten yang lahir sepanjang tahun 2018 dari banyaknya tagar yang muncul di timeline, menutup akhir tahun, Twitter merilis 10 tagar yang paling banyak digunakan sepanjang tahun 2018. Apa saja mereka cek di sini:

1/ #BTS 
Para ARMY (fans Bangtan Boys) seringkali meramaikan linimasa Twitter dengan tagar #BTS . Tagar ini menyatukan para penggemar untuk mencari dan berbagi informasi terkini tentang grup Kpop kesayangan mereka.

2/ #EXO
Posisi kedua tagar paling banyak dipakai di Twitter diduduki oleh #EXO. Tagar ini paling banyak digunakan penggemar EXO di tanah air yang selalu ramai berinteraksi lewat akun resminya, @weareoneEXO. Tahun ini Twitter bahkan merilis emoji baru untuk EXO.

3. #AsianGames2018
Pada gelaran Asian Games 2018, Twitter mengeluarkan tiga emoji spesial bergambar logo resmi Asian Games 2018, obor yang melambangkan energi Asia serta 3 maskot: Bhin, Atung dan Kaka. Tagar #AsianGames2018 dan #AG2018 pun marak digunakan untuk memunculkan emoji logo resmi. Masyarakat Indonesia menggunakan tagar-tagar ini untuk berbagi keseruan secara live selama ajang olahraga bersejarah itu berlangsung.

4/ #WorldCup
Perhelatan Piala Dunia 2018 tentunya meninggalkan kesan yang tidak terlupakan bagi para pengguna Twitter. Sejumlah momen terjadi di Rusia sepanjang Piala Dunia 2018. Ada kejadian seru, sedih, dramatis hingga kocak. Dengan tagar #WorldCup, Piala Dunia 2018 tidak sebatas pertandingan sepak bola saja, tetapi ada juga momen di luar lapangan yang menjadi viral.

5/ #2019TetapJokowi
Dengan akan diadakannya Pemilihan Umum tahun depan, percakapan yang terkait dengan gelaran politik tersebut tak terhindarkan di linimasa. Salah satu tagar yang banyak digunakan adalah #2019TetapJokowi, yang muncul sebagai bentuk dukungan terhadap pasangan Joko Widodo dan Maruf Amin.

6/ #2019PrabowoSandi
Paska pengumuman Capres dan Prabowo resmi mencalonkan diri, pengguna Twitter juga mulai meramaikan linimasa dengan tagar #2019PrabowoSandi sebagai dukungan kepada pasangan Prabowo-Sandi.

7/ #JumatBerkah
Tagar ini kembali masuk ke jajaran 10 besar tagar yang banyak digunakan oleh pengguna di Indonesia. Untuk menyambut keberkahan hari Jumat, pengguna Twitter sering menggunakan tagar #Jumatberkah untuk menebar konten-konten positif. Selain untuk berbagi kutipan-kutipan agama yang menyejukkan, tagar ini juga menandai dimulainya akhir minggu yang menyenangkan.

8/ #RecehkanTwitter
Linimasa Twitter Indonesia sempat dibuat ramai dengan tagar #RecehkanTwitter yang digunakan untuk berbagi humor-humor lucu. #RecehkanTwitter berisi berbagai cuitan kocak yang diunggah pengguna. Begitu lucunya, tidak sedikit pengguna Twitter yang tidak dapat berhenti menggali konten tagar ini jauh ke periode bulan-bulan sebelumnya.

9/ #PersijaDay
Tagar ini selalu digunakan oleh Jakmania setiap kali @Persija_Jkt bertanding. Dari berbagi live-update skor pertandingan hingga mencari informasi seputar pertandingan.

10/ #SambutRamadhan
Sudah menjadi tradisi di Indonesia bahwa bulan suci Ramadan disambut secara suka cita oleh pemeluk agama Islam. Dalam rangka menyambut bulan istimewa ini, para pengguna Twitter menggunakan tagar #SambutRamadhan untuk menyampaikan berbagai pesan seperti kegembiraan jelang Ramadan, tips-tips menjalani bulan Ramadan, informasi kuliner untuk buka puasa bersama serta tidak jarang yang sudah membahas rencana mudik padahal baru saja bulan Ramadan dimulai. 

Selain tagar topik hangat sepanjang tahun 2018, #RameDiTwitter juga melansir sepuluh akun yang paling sering dibicarakan di linimasa. Akun @jokowi milik Presiden Joko Widodo berada di peringkat pertama, disusul oleh Fiersa Besari @FiersaBesari, Firgiawan Ramaulana @seterahdeh, Prabowo Subianto @prabowo, Bayu Joo @bayu-joo, Fadli Zon @fadlizon, @ARMYIndonesiaa, Fahri Hamzah @Fahrihamzah, Sandiaga Uno @sandiuno, dan Andihiyat @andihiyat. Tidak hanya tokoh terkenal, akun-akun umum yang gemar mengikuti topik yang sedang dibicarakan atau riding the wave pun bisa muncul ke permukaan. (f)

Baca Juga: 
Gaya Jokowi Sindir Kaesang, Dan Balasan Kaesang Yang Kocak
Awkarin Tinggalkan Instagram Karena Takut Kembali Depresi. Ini 5 Tanda Media Sosial Memengaruhi Kesehatan Mental Anda
Foto Ayah Menggendong Anak Sedang Viral di Internet. Ternyata Ini Penyebabnya



 

 


Faunda Liswijayanti


Topic

#RameDiTwitter

 

polling
Pertimbangan Dalam Memilih Kartu Kredit

Belakangan ini bank makin kreatif dan gencar dalam meluncurkan kartu kredit. Mereka pun bersaing memberikan berbagai fasilitas untuk menggaet pengguna baru.