Travel
5 Pantai di Indonesia yang Diincar Surfer Dunia

12 Aug 2017


Foto: Cabana Surf & Staf

 
Sebagai negara kepulauan dengan bentangan pantai terpanjang di dunia, Indonesia menyimpan ‘harta karun’ berupa pariwisata bahari. Beberapa pantai di Indonesia bahkan masuk dalam daftar lokasi surfing terbaik dunia.

Sebut saja Pantai Lagundri di Nias, Sumatera Utara, yang terkenal diantara para peselancar mancanegara sejak tahun 1993. Pantai Sorake yang hanya berjarak 2 km dari Pantai Lagundri pun tak kalah tenar.
 
Berikut ini femina pilihkan lima lokasi dengan pantai dan ombak terbaik untuk Anda yang ingin mencoba berselancar:
 
1/ Krui – Sumatera Selatan
Kawasan yang terletak di pesisir barat Sumatera Selatan ini sedang naik daun, sejak menjadi tuan rumah kompetisi kejuaraan selancar internasional. Meski begitu, pantai yang memiliki ombak sempurna ini belum terjamah, suasananya masih cukup sepi.

Bulan Mei - September adalah musim terbaik menikmati keseruan ombak Krui. Ada banyak pantai yang bisa dikunjungi  di sini, yakni Way Jambu, Pugung, Tanjung Setia, dan Pantai Mandiri. Pantai Mandiri menjadi salah satu favorit, karena memiliki ombak beach break terbaik di dunia, incaran peselancar profesional yang mencari ombak kuat.   
 
2/ Uluwatu - Bali
Wilayah Uluwatu di Bali memang terkenal dengan jajaran pantai-pantai indah, seperti pantai Padang-padang, Blue Point, Suluban, Bingin, Balangan, dan Impossible.

Pantai Padang-Padang, salah satu yang terkenal dengan ombak barrel yang panjang ini di musim tertentu tinggi gelombangnya bisa mencapai 8 meter.
 
3/ Pantai Plengkung – Banyuwangi, Jawa Timur
Pantai yang terletak di Taman Nasional Alas Purwo, Banyuwangi, Jawa Timur ini memiliki ombak dengan ketinggian 6 - 8 meter yang membentang sepanjang 2 km.

Tidak mengherankan jika Pantai Plengkung atau dikenal juga dengan sebutan pantai G-Land ini disebut-sebut sebagai salah satu dari tujuh ombak terbaik di dunia dan pantai dengan ombak terbaik kedua setelah Hawai. Pantai ini terletak 20 km dari Desa Grajagan, cukup jauh dari pusat kota Banyuwangi.
 
4/ Pantai Watu Karung – Pacitan, Jawa Timur
Terletak di Desa Watu Karung, Kecamatan Pringkulu, Kabupaten Pacitan, Pantai Watu Karung berjarak sekitar 25 km dari Kota Pacitan. Letaknya yang berbatasan dengan Samudra Hindia, membuat pantai Watukarung memiliki ombak yang tinggi dan cocok untuk lokasi berselancar.

Peselancar dunia mengenal pantai ini karena ombak tipe reef break yang memiliki tinggi sempurna pada bulan April hingga Oktober.
 
5/ Pantai Ombak Tujuh – Sukabumi, Jawa Barat
Terletak sekitar 16 km dari Pantai Pangumbahan, Sukabumi. Sesuai namanya pantai ombak tujuh terkenal dengan ombak yang tinggi, yang bergerak memanjang dan pecah di tepi pantai.

Konon katanya, antrean ombak yang berjumlah tujuh akan bergiliran untuk menerpa karang. Di musim kemarau, yaitu waktu terbaik untuk berkunjung, ketinggian ombak di pantai ini mencapai 6 meter. (f)

Baca juga:
Pantai Koka, Rumah Burung Koka di Paga, Maumere
Pencinta Pantai, Ini 3 Hal Seru yang Bisa Kita Lakukan di Nihiwatu, Sumba
Pantai Wajib Kunjung di Malang: Pantai 3 Warna


Faunda Liswijayanti


Topic

#PantaiIndonesia