Travel
3 Tujuan Wisata Ini Pernah Dikunjungi Presiden Joko Widodo

8 Sep 2018

Tempat indah yang pernah dikunjungi Presiden Jokowi, dan kita bisa ke sana.
 

Foto: Shutterstock
 
Morotai, Maluku Utara
 
Pulau Morotai adalah salah satu pulau yang berada di Kabupaten Maluku Utara. Terletak paling utara di antara pulau-pulau lain, Morotai semasa Perang Dunia II menjadi basis tentara Jepang saat menguasai Indonesia, Filipina, dan Malaysia. Di kawasan ini pula dulu terjadi perang antara pasukan sekutu (Amerika, Inggris, Australia, dan Belanda) melawan Jepang.
 
Sisa-sisa perang masih tersimpan, seperti meriam artileri, kendaraan amfibi, bangkai kapal perang, hingga bungker-bungker perlindungan. Pemimpin pasukan sekutu untuk kawasan Asia Pasifik, Jenderal Mac Arthur, juga pernah menginap di Pulau Sumsum, yang termasuk kawasan Morotai. Karena itulah, Pulau Sumsum pun dikenal sebagai Pulau Mac Arthur.
 
Sebagai daerah kepulauan, Morotai memiliki pantai-pantai yang indah berpasir putih. Kita juga bisa diving sampai puas, karena di kawasan ini terdapat 28 titik (bahkan mungkin lebih) diving. Bukan hanya keindahan terumbu karang, artefak Perang Dunia II juga bisa ditemukan saat diving.
 
Untuk fasilitas penginapan, paling banyak ditemukan di ibu kota Morotai, yaitu Kota Daruba. Presiden Jokowi yang berkunjung ke Pulau Morotai untuk meresmikan Pelabuhan Wayabula, yang diharapkan bisa membuat Morotai lebih terjangkau masyarakat luar, menginap di D’Aloha Resort.
 

Foto: Shutterstock
 
Toba, Sumatra Utara
 
Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba 2 tahun lalu di Balige, Toba Samosir, yang dihadiri Jokowi seperti menegaskan bahwa kawasan ini menjadi destinasi wisata unggulan. Dilengkapi dengan fasilitas hotel serta memperbaiki sarana jalan dan bandara untuk memudahkan traveler datang.
 
Meski sejak lama dikenal sebagai daerah wisata, harus diakui, banyak orang di luar Sumatra Utara yang tidak berkunjung ke sana khusus untuk berwisata. Kebanyakan, orang datang ke sana dalam rangka pekerjaan di Medan, dan menyempatkan singgah. Belum benar-benar ingin eksplorasi kekayaan alam dan budaya tanah Batak.
 
Padahal, Danau Toba dan Pulau Samosir yang berada di tengah-tengah danau memiliki kekayaan budaya suku Batak, dari bentuk bangunan rumah, makanan, kain tenun, hingga upacara-upacara adat yang masih terpelihara baik hingga kini.
 
Desa Simbolon di Kecamatan Palipi, Samosir, adalah salah satu yang terkenal sebagai tujuan wisata. Di desa pesisir danau yang indah ini, traveler bisa berinteraksi dengan warga setempat dan menyewa sepeda atau motor untuk menjelajah desa yang memiliki tanah pertanian yang menghijau.
 
Kini, ke Danau Toba tidak hanya bisa dengan berkendara mobil dari Medan via Pematang Siantar yang berjarak tempuh sekitar 5-6 jam perjalanan. tapi juga bisa melewati rute barat laut yaitu Brastagi-Desa Tongging, Kabupaten Karo, yang menawarkan kontur tanah berbukit-bukit yang indah. Ingin lebih cepat? Bisa menggunakan pesawat dari Kualana Namu ke Bandara Silangit, Siborong-borong dengan jarak tempuh sekitar 40 menit. Dalam perencanaan Toba sebagai kawasan wisata unggulan, pemerintah juga memperpanjang jalur runway bandara ini.
 

Foto: Shutterstock

Natuna, Kepulauan Riau
 
Foto Presiden Jokowi berjaket parasut abu-abu berdiri di geladak kapal tempur KRI Imam Bonjol 383 dengan moncong senjata mengarah ke udara sempat viral 2 tahun lalu. Saat itu, Presiden sedang meninjau latihan tempur TNI di Natuna sebagai buntut protes dari Cina setelah KRI Imam Bonjol menembakkan kapal nelayan Cina yang mengambil ikan di perairan Indonesia.
 
Lepas dari kunjungan itu, Kabupaten Natuna yang memiliki 200 lebih pulau ini kemudian membuat penasaran. Sebetulnya apa saja yang menarik dari kawasan yang terletak di perairan Laut Cina Selatan dan jalur pelayaran internasional dari Jepang, Hong Kong, Taiwan, dan Korea ini? Tentu saja, sebagai kepulauan, pantai-pantai dengan pasir putih dan air laut biru jernih merupakan keunggulan Natuna.
 
Salah satu pantai terbaik di Natuna adalah Pantai Batu Kasah. Di sepanjang daratan pantai berpasir putih ini tumbuh pohon kelapa sehingga pemandangannya khas pantai daerah tropis. Air laut yang biru jernih membuat siapa pun tak akan sanggup menolak pesonanya.
 
Pantai Sisi juga bisa menjadi tujuan selanjutnya. Sebagai informasi, pantai ini pada tahun 2016 dinobatkan sebagai Pantai Alami Terbaik di Dunia versi majalah Island. Wow…!
 
Namun, bila Anda ingin berbaur dengan penduduk lokal, Pantai Tanjung adalah pilihannya. Di pantai inilah warga Natuna biasa berlibur.
 
Datang ke Natuna tidak pas rasanya bila tidak berkunjung ke Masjid Agung yang terletak di pusat ibu kota kabupaten, Ranai. Arsitektur kubah masjid ini meniru Taj Mahal, India. Bila ingin berkunjung ke Natuna, bisa ditempuh dengan pesawat menuju Bandara Ranai. Berbagai maskapai nasional dan luar negeri memiliki rute ke Ranai.  (f)
 
Baca Juga:

10 Alasan Liburan Yang Bos Anda Perlu Tahu
Pesona Sumba, Nusa Tenggara Timur, Yang Dikunjungi Keluarga David Beckham dan Victoria
Cantiknya Mandalika, Kawasan Wisata di Lombok Tengah
 

Yoseptin Pratiwi


Topic

#travel, #pantai, #danau

 

polling
Pertimbangan Dalam Memilih Kartu Kredit

Belakangan ini bank makin kreatif dan gencar dalam meluncurkan kartu kredit. Mereka pun bersaing memberikan berbagai fasilitas untuk menggaet pengguna baru.