Sex & Relationship
Benarkah Pria Barat Lebih Romantis?

11 Oct 2018

 

Foto: Shutterstock
 
Femina membuat survei online pada Juni 2018 lalu yang mengulik apa alasan wanita Indonesia lebih memilih pria Indonesia daripada pria Barat. Ada 500 responden yang mengikuti survei ini, mayoritas berusia di bawah 25 tahun (61%), 25-35 tahun (35%), dan sisanya di atas 35 tahun (4%).
 
Menariknya, survei ini justru dijawab mayoritas oleh mereka yang pernah berpacaran dengan pria asing (44%) dibandingkan yang belum pernah punya pacar orang asing (32%).

Di mata banyak wanita Asia, pria kulit putih dianggap lebih menarik, karismatik, dan superior dibandingkan pria lokal. Inilah yang menyebabkan munculnya fenomena ‘bule hunter’, alias wanita berusaha mencari pasangan pria asing kaukasia, dengan harapan dapat memiliki kekasih pria-pria gagah dan romantis seperti dalam film Hollywood.
 
Apa benar begitu? Justru, survei ini juga mematahkan stereotip yang menyebutkan bahwa pria Barat lebih romantis. Hanya 5% responden yang menjawab pria Barat lebih romantis. Lebih kecil disbanding 10% responden yang menyebut pria Indonesia lebih romantis.
 
Menurut Elizabeth Santosa, Psikolog , selama ratusan tahun bangsa kita dijajah kolonial, sehingga tak heran jika masih ada generalisasi bahwa bangsa kulit putih (dari Eropa atau Amerika Utara) superior. Mindset yang tertanam mereka adalah bangsa kapitalis yang lebih kaya. Hal ini bisa juga terbentuk dari tontonan atau paparan media.
 
Meski 56% responden menyebutkan bahwa pria Eropa atau Amerika Utara dianggap lebih tampan, wanita Indonesia jelas belum tentu mau menikahi pria hanya karena faktor ‘lebih tampan’ semata.
 
Masyarakat kita adalah komunitas yang kolektif, sehingga individu akan lebih memilih pasangan yang memiliki kemiripan atau kesamaan. Kita berharap bisa nyambung saat ngobrol, punya kesamaan budaya, atau nilai yang selaras ketika membesarkan anak. Itu sebabnya, pria Indonesia menjadi punya kekuatan tersendiri karena mereka memiliki kesamaan ini.
 
Banyak orang yang malas berhadapan dengan konflik, mereka ingin harmonis. Berbeda suku saja butuh adaptasi budaya dan kebiasaan, apalagi beda bangsa. Terlebih lagi orang Indonesia tergolong religius dan yang mayoritas adalah pemeluk Islam. Kebanyakan pasti akan mengutamakan pasangan yang seiman juga. (f)

Baca Juga:

Memahami Cara Aplikasi Perjodohan Bekerja
Pernikahan Yang Terlihat Sempurna Pun Tak Luput Dari Perselingkuhan. Ini Alasannya.
Jangan Ragu Bicara Masalah Seks Dengan Pasangan, Ini Triknya

Reynette Fausto


Topic

#andadandia, #relationship

 

polling
Pertimbangan Dalam Memilih Kartu Kredit

Belakangan ini bank makin kreatif dan gencar dalam meluncurkan kartu kredit. Mereka pun bersaing memberikan berbagai fasilitas untuk menggaet pengguna baru.