Sex & Relationship
Apa Hubungan antara Hormon Reproduksi, Olahraga, dan Menstruasi?

20 Mar 2017


Foto: Fotosearch

Olahraga saat menstruasi memang bagus, namun jangan dipaksakan jika tubuh Anda sedang tidak fit. Semua yang dilakukan berlebihan hasilnya malah nggak maksimal. Fyi, olahraga berlebihan justru menyebabkan ‘terlepasnya’ hormon tertentu, yang sistem kerjanya berlawanan dari hormon reproduksi. Agar menstruasi normal, diperlukan keseimbangan kerja antara hormon-hormon reproduksi. Apabila keseimbangan ini terganggu, maka siklus menstruasi juga terganggu bahkan dapat terhenti (amenorea).
Amenorea bisa pulih dengan sendirinya, kok. Tinggal mengurangi saja porsi olahraga Anda agar menstruasi tetap teratur.
 
Pertanyaan lain yang sering muncul soal olahraga dan menstruasi adalah amankah berenang saat menstruasi? Faktanya, nih, berenang atau menyelam saat menstruasi nggak berbahaya karena pembuluh darah di vagina akan menutup atau mengerut saat bersentuhan dengan air. Jadi, darah tidak mungkin berceceran di kolam renang atau di air laut. Namun, sebaiknya Anda tetap memakai pembalut atau tampon saat menyelam. Pastikan Anda tetap mengganti pembalut dan tampon itu setiap 4 jam sekali, dan saat hendak menyelam sebaiknya sudah memakai pembalut yang baru. Disarankan pula jangan terlalu lama berada di dalam air karena belum tentu air tersebut bebas kuman. Kuman bisa bersarang pada pembalut dan menyebabkan infeksi. Hentikan kegiatan menyelam jika perut terasa kram, ya. (f)


Baca juga:
Trik Menunda Menstruasi dengan Menambah Hormon Progesteron
Lebih Nyaman Saat Menstruasi
Olahraga Mengganggu Menstruasi?


Saparinah Mumpuni


Topic

#menstruasi, #reproduksi

 

polling
Produk Kosmetik Favorit

Sebagai wanita, kita tidak bisa dipisahkan dari produk kecantikan. Nggak heran, deh, kita sulit menahan diri ketika melihat produk terbaru.

Produk kosmetik apa yang paling sering Anda beli meski belum habis?