Sex & Relationship
3 Kontrasepsi untuk Menunda Kehamilan dan Efek Sampingnya

19 May 2017


Foto: Fotosearch

Banyak pilihan kontrasepsi untuk menunda kehamilan, tapi belum tentu semuanya cocok untuk kita. Pahami dulu cara kerjanya sebelum memutuskan, ya, seperti tiga kontrasepsi yang memiliki efek samping masing-masing berikut ini.

1/ Kontrasepsi suntik atau combined injectable contraceptive (CIC)
Kontrasepsi hormonal yang disuntikkan setiap 1-3 bulan sekali. Fungsinya menekan indung telur agar nggak terjadi ovulasi (keluarnya sel telur pada masa subur). Pengaruh CIC hampir sama dengan pil KB, seperti perubahan mood dan melancarkan siklus menstruasi. Dengan adanya hormon tambahan dari kontrasepsi itu, kekentalan lendir vagina berubah sehingga mengurangi kelincahan sperma. Perubahan lain yang terasa adalah vagina kering dan kesat sehingga terkadang muncul rasa sakit saat berhubungan intim.

2/ Pil pagi hari
Jika berniat menunda kehamilan, sebaiknya nggak menggunakan morning after pills karena efektivitasnya rendah. Risiko kegagalan morning after pills mencapai 10%-30%. Morning after pills juga mengandung dosis hormon estrogen dan progesteron yang lebih tinggi dibandingkan pil KB lain, serta menimbulkan efek samping, di antaranya mual.

3/ Kontrasepsi darurat (kondar)
Berbentuk pil yang harus dikonsumsi maksimal 72 jam setelah bercinta—jika memang ingin mencegah kehamilan. Makin cepat mengonsumsinya, tingkat keberhasilan pun semakin tinggi, walaupun efektivitasnya nggak seampuh pil KB yang dikonsumsi rutin. Pil kondar ini berisi hormon levonorgestrel yang berguna menghalangi proses ovulasi atau pelepasan sel telur dari indung telur. Berhubung pelepasannya terhambat, peluang terjadinya pembuahan oleh sperma berkurang hingga 89%. Namun, mengonsumsi pil ini dalam jangka panjang bisa merusak siklus menstruasi bahkan pendarahan. Efek terburuknya adalah terganggunya siklus pembentukan dan pematangan sel telur. Biasanya pil ini hanya digunakan oleh pasangan yang hanya sesekali berhubungan seks. (f)

Baca juga:
5 Pilihan Kontrasepsi untuk Cegah Kehamilan
4 Tanda Anda Alergi Kondom Usai Bercinta
Cara Atasi Siklus Menstruasi yang Tidak Teratur

 

Saparinah Mumpuni


Topic

#kontrasepsi, #kehamilan