Reviews
The Nun, Mengungkap Kisah Valak Si Iblis Biarawati

13 Sep 2018


Dok. The Nun / Conjuring Universe
 

The Conjuring 2 yang bercerita tentang pasangan cenayang Ed dan Lorraine Warren yang menyelamatkan sebuah keluarga yang diganggu hantu di rumahnya di Inggris, mengenalkan kita pada sosok Valak. Seorang biarawati dengan muka menyeramkan yang alih-alih berbuat baik, justru menjahati banyak orang demi membuatnya bertahan hidup di dunia.

Walau dikisahkan binasa dalam film The Conjuring 2 saat Lorraine akhirnya mengetahui namanya dan membacakan mantra, namun sosok Valak membuat banyak orang penasaran. Inilah yang akhirnya mencetuskan ide kepada James Wan, sutradara The Conjuring 1 dan 2, untuk melahirkan spin-off lain setelah Annabelle yang khusus menceritakan Valak.

Dinamai The Nun, kisah ini seperti kembali ke masa lampau kejayaan Valak di tahun 1952 di Rumania. Saat itu, di sebuah kastil tua terpencil yang menjadi biara ditemukan seorang biarawati yang mati gantung diri. Ia diduga mati karena takut dengan iblis yang menghantui biara tersebut, yang sebelumnya membunuh biarawati lain.

Kasus ini membuat Vatikan panik yang akhirnya mengutus pastor Father Burke (Demian Bichir), ditemani Suster Irene (Taissa Farmiga), untuk melakukan investigasi di biara tersebut. Lebih tepatnya, untuk memastikan apakah kastil tua itu masih bisa dianggap biara atau sudah menjadi tempat yang tak suci lagi.

Belum juga genap sehari, banyak kejadian janggal – yang bahkan mengancam nyawa – terjadi pada mereka berdua. Mulai dari Father Burke yang tiba-tiba terkubur di dalam tanah, hingga Suster Irene yang diikuti oleh bayangan tinggi biarawati dengan ditandai oleh sebuah salip yang terbalik.

Kejadian-kejadian ini semakin meyakinkan mereka bahwa ada yang tak beres dalam biara tersebut. Mengulik lebih jauh, akhirnya terungkap sebuah rahasia menyeramkan yang menjadi penyebab terkutuknya tempat itu. Hingga akhirnya menunjukkan jawaban di tengah-tengah twist menarik mengapa akhirnya Valak bisa menjadi ‘bintang’ di The Conjuring 2.

Kendatipun spin-off ini didedikasikan untuk Valak, sayangnya para penonton mungkin akan sedikit kecewa. Pasalnya, dalam film yang disutradarai oleh Cornin Hardy ini, - sayangnya bukan disutradarai James Wan – tak cukup dalam mengulik cikal bakal lahirnya iblis yang dijuluki Great President of Hell ini.
               
Padahal, sebelumnya para penggemar film-film Conjuring sudah berekspektasi bahwa pertanyaan mengapa Valak menggunakan wujud seorang biarawati akan terjawab. Alih-alih terjawab, film ini justru kembali diakhiri dengan pertanyaan ‘mengapa Valak berwujudkan biarawati?’. (f)

Baca Juga :
The Conjuring 3 Siap Digarap, Ini 2 Film Spin-Off dari The Conjuring yang Harus Ditonton
Sebelum Nonton, Simak 5 Fakta Film Horor Pengabdi Setan Karya Sutradara Joko Anwar
Annabelle


Citra Narada Putri


Topic

#thenun, #filmhoror

 

polling
Pertimbangan Dalam Memilih Kartu Kredit

Belakangan ini bank makin kreatif dan gencar dalam meluncurkan kartu kredit. Mereka pun bersaing memberikan berbagai fasilitas untuk menggaet pengguna baru.