Reviews
Crazy Rich Asians, Kisah Cinderella versi Asia. Romantis dan Kocak!

10 Sep 2018


Foto : Dok. Warner Bros

Sejak trailer-nya muncul awal tahun ini, film Crazy Rich Asians dinanti banyak penggemar cerita yang diangkat dari novel bests seller karya Kevin Kwan ini. Bahkan di twitter, #CrazyRichAsians sempat membuat heboh Netizen dengan jumlah twit mencapai 15.000.
 
Keramaian di dunia maya ini pun berlanjut hingga film Crazy Rich Asians tayang perdana di Amerika Serikat pada Agustus lalu. Selama hampir empat minggu penayangannya, film produksi Warner Bros ini berhasil menduduki posisi box office movie dengan pendapatan mencapai 136.222.000 dollar Amerika Serikat. Dengan biaya produksi yang hanya 30 juta dollar Amerika Serikat, film ini memberi keuntungan besar untuk Warner Bros.
 
Tingginya minat penonton tak lepas dari meningkatnya permintaan pasar atas keragaman dalam industri perfilman dunia. Tak dipungkiri selama ini, film Hollywood dimonopoli oleh artis Hollywood yang notabene didominasi ras kaukasia. Meski telah banyak aktris dan aktor Asia yang bermain di film Hollywood, mereka berperan dalam film laga yang tak jauh menampilkan kemampuan bela diri atau berperan sebagai anggota gangster. Sementara pemeran film ini seluruhnya berdarah Asia.
 
Apa yang dibawa oleh film Crazy Rich Asians ini memang sangat bertolak belakang dengan stereotip tadi. Film ini menunjukkan bahwa aktor Asia juga mampu bermain dalam film bergenre drama romantis.

Secara garis besar, Crazy Rich Asians akan mengingatkan Anda pada kisah Cinderella yang dibalut budaya Asia. 
 
Seperti dalam novelnya, film ini bercerita tentang Rachel Chu (Constance Wu), seorang dosen ekonomi di New York University  yang menemukan kenyataan bahwa kekasihnya Nick Young (Henry Golding) adalah anak dari taipan kaya di Singapura. Bahkan, Nick adalah pewaris nomor satu kerajaan bisnis dan kekayaan keluarganya. Fakta yang baru diketahui Rachel saat ia tiba di Singapura untuk menemani sang kekasih menghadiri pesta pernikahan sahabatnya.
 
Dari sinilah cerita Cinderella Asia ini bergulir. Rachel harus berhadapan dengan ibu Nick, Eleanor Sung-Young (Michelle Yeoh) yang menolak Rachel karena latar belakang keluarganya. Ibu Rachel adalah imigran asal Tiongkok di Amerika Serikat, sementara ayahnya tidak diketahui keberadaannya. Masalah Rachel bertambah dengan kehadiran sepupu-sepupu dan keluarga Nick yang juga tidak menyukainya, bahkan memperlakukannya tidak baik.

Beruntung Rachel memiliki sahabat, Goh Pek Lin (Awkwafina) yang membantunya melalui ‘pertempuran’ dengan keluarga terkaya di Singapura itu.


Foto : Dok. Warner Bros
 
Film yang disutaradarai Jon M Chu ini sengaja mengangkat kehidupan keturunan Tionghoa berkelas sosial tinggi. Mengambil lokasi syuting di Kuala Lumpur dan Singapura, banyak adegan yang menampilkan mobil sport, mansion, baju-baju karya desainer dunia, pesta mewah, hingga kembang api.
 
Nora Lum atau Awkwafina, komedian yang juga bermain di film Ocean’s 8, tampil total dalam film berdurasi 119 menit ini. Aktingnya pun mendapat banyak pujian dari fans dan media. Bahkan Rolling Stone, Variety, dan Washington Post, menyebut Awkwafinas sebagai bintang yang paling bersinar di film ini.
 
Dibandingkan bukunya yang terbit tahun 2013 dimana masing-masing tokoh memiliki kisah yang cukup kompleks, cerita yang diangkat dalam film jauh lebih sederhana. Meski begitu, film ini memiliki plot yang tak kalah menarik dan dramatis. Sukses mengangkat karakter kuat setiap tokoh dengan gaya hidup mewah khas orang-orang super kaya di Asia.

Film ini mulai tayang di bioskop tanah air Selasa (11/9/2018) (f)

Baca Juga: 
Melirik Lurik Dalam Film Sultan Agung: Tahta, Perjuangan, Cinta
Perpaduan Kuliner Tiongkok dan Timur Tengah di Negeri Tirai Bambu
Berlibur di Singapura? Nikmati Atraksi Baru di Singapore Zoo, Permainan Cahaya Dalam Rainforest Lumina







 

Faunda Liswijayanti


Topic

#reviewfilm, #crazyrichasians, #review

 

polling
Pertimbangan Dalam Memilih Kartu Kredit

Belakangan ini bank makin kreatif dan gencar dalam meluncurkan kartu kredit. Mereka pun bersaing memberikan berbagai fasilitas untuk menggaet pengguna baru.