Profile
Ratna Somantri, Bekerja Sambil Meditasi

19 May 2017


Foto: Dok. Pribadi

Bagi Ratna Somantri (35), Konsultan Teh, mencari ketenangan batin tidak harus pergi ke suatu tempat terpencil. "Cukup ke pojok yang sepi dan menjalankan ritual menyeduh teh," ujarnya. Tidak jauh-jauh dari pekerjaannya. Ratna mengatakan, ritual menyeduh teh harus melibatkan hati yang tenang, karena jika dilakukan dengan terburu-buru  hasil seduhannya akan jelek.
 
Langkah pertama adalah menyiapkan teh hijau dan teh putih beserta peralatannya. "Kedua teh tersebut lebih enak jika diminum tanpa gula, dan memiliki efek menenangkan." Perangkat teh yang digunakan adalah perangkat teh keramik dari Tiongkok atau Jepang. Air dipanaskan hingga mencapai suhu tertentu. Sambil menunggu, daun teh dimasukkan ke dalam poci. Setelah air mencapai suhu yang diinginkan, segera dituang ke dalam poci,  biarkan selama 30 detik. Perlahan tuang air ke dalam cangkir, lalu buang air tersebut. Setelah itu, tuang air panas lagi ke dalam poci, tunggu sebentar, dan teh siap dituang ke dalam cangkir untuk diminum.  "Air panas pertama berguna untuk mencuci teh dan cangkir. Jadi, pada saat diminum, teh sudah bersih dari segala residu," jelas Ratna.
 
Meditasi terjadi selama proses tadi berlangsung, ketika proses menunggu air matang, mencuci teh, menuangkan air panas ke dalam poci, menunggunya, hingga kemudian menghidangkannya. Napas yang teratur akan mendorong konsentrasi dan ketenangan, yang diperlukan ketika memperhatikan air yang mendidih dan  menunggu teh terseduh. "Setelah melakukan ritual ini dan meminum tehnya, hati saya menjadi lebih ringan dan tenang," kata Ratna, sambil tersenyum lebar. Proses yang berlawanan dengan kebiasaan masyarakat masa kini yang serba ingin cepat ini, jika dilakukan dengan penuh kesadaran dan ketekunan, merupakan sebuah latihan batin yang dapat dilakukan siapa saja. Sama seperti proses kehidupan yang harus diresapi, hasil dari teh yang diseduh dengan sabar akan menghasilkan rasa yang optimal. (f)

Baca juga:
Tip Minum Teh Sesuai Mood dari Ratna Somantri
Potluck Komunitas Pencinta Teh
Menikmati Upacara Minum Teh di Sakai, Jepang

 
 


Topic

#meditasi