Profile
Miwa Kato, Direktur Regional UN Women Asia Pasifik Terpikat Indonesia

12 Jan 2018



Perjuangan Berat untuk ‘Walk The Talk’

Bagi Miwa, tiap langkah perjalanan kariernya sangat berarti hingga akhirnya membawa ia terlibat di upaya pemberdayaan wanita di UN Women. Miwa bergabung di UN Women sebagai Regional Director Asia Pacific pada tahun 2016. Sebelumnya, ia bertugas sebagai Country Director UN Women Mesir. Ia mengakui dirinya bukanlah seorang pakar gender. Sebelum ini, ia telah menangani berbagai isu di PBB, seperti isu keamanan dan hukum serta isu-isu terkait manusia lainnya.

Ia telah bekerja selama 12 tahun di United Nations Office on Drugs and Crime (UNODC), badan PBB untuk pemberantasan kejahatan dan obat-obatan terlarang. Sebelum bergabung di PBB, Miwa bekerja sebagai diplomat untuk layanan asing Jepang, di New York, dalam Misi Tetap Jepang untuk PBB. Keahlian dan jejaringnya yang luas diperoleh dari pengalaman belasan tahun di kantor pusat PBB dan turun menjalankan operasi di lapangan di berbagai negara di Asia Pasifik dan negara-negara Islam yang sedang berada dalam masa transisi dengan sejarah yang kompleks, seperti Afganistan, Pakistan, dan negara-negara di Asia Tengah.

Berbagai hal yang ia temui di lapangan membuatnya sadar bahwa pemberdayaan wanita sangat penting. Ia mencontohkan, saat bertugas di Afganistan untuk UNODC, timnya melatih polisi untuk bisa menangani masalah penyalahgunaan obat-obatan dan bekerja bersama komunitas.

“Dalam tiap langkah, saya menyadari bahwa saya sangat butuh pria! Tapi, tidak ada gunanya bicara pada pria, jika ingin memberi pengaruh pada masyarakat. Wanita memiliki pengaruh lebih besar karena mereka bisa memberi pengaruh pada anak-anak, bahkan pada suaminya. Sementara di lapangan, para petugas terus saja bicara pada pria yang menjadi perwakilan komunitas,” kata Miwa, dengan nada gemas.

“Jadi, dalam lingkup kerja saya, ini bukan sekadar soal memberdayakan wanita, tapi bagaimana agar juga bisa bekerja dengan wanita untuk menuju pemberdayaan sekaligus mencari solusi untuk banyak masalah lainnya,” tegas Miwa.

Selanjutnya: Tantangan Hidup Antara Jakarta, Bangkok dan Wina 
 


Topic

#wanitahebat, #profil

 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?