Profile
Heni Sri Sundani, Penggagas Gerakan Anak Petani Cerdas

20 Mar 2017


Foto: Dok. Pribadi

Heni Sri Sundani lahir di Ciamis, Jawa Barat, 2 Mei 1987, sebagai anak seorang buruh tani. Cita-citanya untuk bersekolah tinggi membawanya menjadi TKI di Hong Kong. Sambil bekerja sebagai pengasuh anak, ia berkuliah di Saint Mary's University Hong Kong, dan pulang ke kampung halamannya dengan gelar sarjana di bidang Entrepreneurial Management.
 
Pada tahun 2013, ia menggagas Gerakan Anak Petani Cerdas dan mendirikan komunitas AgroEdu Jampang, yang berfokus pada bidang pendidikan dan pemberdayaan masyarakat. Kini, para penerima manfaat dari program-program komunitasnya tersebar di 40 kabupaten di Pulau Jawa dan Lombok. Heni juga seorang penulis dan blogger, yang menulis dengan nama pena Jaladara. Heni tinggal di Bogor, Jawa Barat, bersama suaminya.
 
Henny yakin pendidikan yang diemban oleh seseorang tidak akan pernah sia-sia. Baginya bersekolah itu sama dengan menanam. "Saya menganggap pendidikan itu seperti menanam; kita tidak bisa memanennya di hari yang sama. Tapi, setidaknya, kita jadi punya harapan. Pendidikan adalah senjata paling ampuh untuk memutus mata rantai kemiskinan. Dan saya telah membuktikan itu!" ucapnya. (f)

Yuk, ajukan pertanyaan kepada Heni dan menangkan kesempatan nonton bareng film Kartini yang dibintangi Dian Sastrowardoyo, plus meet & greet dengan para pemainnya. Untuk bisa mengajukan pertanyaan, klik di sini.


Puji Maharani


Topic

#wanitainspiratif