Profile
Anne Sri Arti, Memulai Bisnis dengan Niat Membantu Para Peternak Sapi Perah

20 Mar 2017


Foto: Peter F Momor


Berangkat dari kepedulian dan keinginan untuk membantu para peternak sapi perah mendapatkan penghidupan yang lebih baik inilah Anne Sri Arti (42) memulai langkah bisnisnya. Lima tahun lalu mungkin Anne, asal Sukabumi, tidak pernah membayangkan posisi yang ia capai saat ini: seorang wanita pebisnis sukses dengan omzet ratusan juta, konsultan peternakan, dan yang tak kalah penting adalah penggerak peternak lokal untuk mendapatkan hidup yang lebih layak. Hal terakhir inilah yang sebenarnya menjadi penyemangat pemilik perusahaan Makmur Agro Satwa untuk terus berbuat sesuatu untuk dunia peternakan, khususnya sapi perah.

Ia mulai mencoba-coba untuk mengolah susu menjadi aneka ragam olahan. Formula pun ia dapatkan dari berbagai sumber untuk membuat susu menjadi yoghurt dan puding, produk awal MAS. Produknya laku di pasaran, tapi tidak mendatangkan uang. Ia melihat ada yang salah pada konsep bisnisnya. Ternyata, uang yang ia miliki banyak tertahan di warung-warung tempat ia menitipkan produknya, sehingga membuat produksinya tersendat-sendat.

Setelah memutar otak, Anne sampai pada ide untuk memasarkan susu olahan di sekolah-sekolah lewat gerakan minum susu untuk anak-anak sekolah. Anne mulai mengetuk satu per satu pintu sekolah untuk mengajak bekerja sama. Sejak mampu menciptakan pasar pasti lewat gerakan minum susu ini, kapasitas produksi MAS makin banyak. Hasilnya, Anne terus merangkul lebih banyak peternak untuk menjual produk susu murni kepadanya.

Kesuksesan program minum susu dan perjuangan Anne mengangkat harkat hidup para peternak sapi perah membuahkan beragam penghargaan. Di antaranya menjadikan MAS sebagai Juara I Pengolahan Susu tingkat Kabupaten Sukabumi, Wakil Jawa Barat untuk mengikuti lomba Adikarya Ketahanan Pangan Tingkat Nasional 2012, sekaligus menjadi wakil Jawa Barat dalam Pengolahan Pemasaran Hasil Peternakan (PPHP) Award 2012. Ia juga menjadi Pemenang Penghargaan Khusus Social Entrepreneur dan Penghargaan Khusus Green Entrepreneur Lomba Wanita Wirausaha Femina 2013.

Saat ini bisa dikatakan Anne mendedikasikan hidupnya untuk meningkatkan kehidupan peternak sapi perah. Tapi, belakangan ia juga ikut membantu para petani untuk memasarkan produk pertaniannya. Ketika banyak petani tomat mengeluhkan harga tomat yang anjlok di pasaran hingga tak sedikit yang membiarkan tomatnya terbuang dan membusuk, Anne membantu mereka membuka pasar. Kesuksesannya mendistribusikan ribuan tomat ini menggerakkan hatinya untuk membantu petani-petani lainnya. (f)

Yuk, ajukan pertanyaan kepada Anne dan menangkan kesempatan nonton bareng film Kartini yang dibintangi Dian Sastrowardoyo, plus meet & greet dengan para pemainnya. Untuk bisa mengajukan pertanyaan, klik di sini.



Faunda Liswijayanti


Topic

#wanitainspiratif

 

polling
Produk Kosmetik Favorit

Sebagai wanita, kita tidak bisa dipisahkan dari produk kecantikan. Nggak heran, deh, kita sulit menahan diri ketika melihat produk terbaru.

Produk kosmetik apa yang paling sering Anda beli meski belum habis?