Profile
8 Perempuan Supreme: Susi Pudjiastuti

8 Oct 2018


Dok: Femina
 
Sejak hari pertama dilantik Presiden Joko Widodo menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, nama Susi Pudjiastuti langsung menjadi pembicaraan publik. Dari gayanya yang dianggap urakan, latar belakang kehidupannya yang unik dan penuh warna, keberaniannya menenggelamkan kapal pencuri ikan yang kontroversial, hingga saat ia didemo akibat mengeluarkan kebijakan pelarangan penggunaan cantrang. Beberapa kali pula ia diserang isu reshuffle kabinet. Namun, hingga tersisa satu tahun masa pemerintahan Presiden Jokowi, ia tetap dipercaya ‘menjaga’ kekayaan laut Indonesia.
 
KEBIJAKAN & KONTROVERSI
“Bagaimana saya harus pose?” ujar Menteri Susi dengan suara beratnya yang khas itu. Ia sosok yang ramah dan tampak bersahaja. Ia pun langsung sigap dan luwes mengikuti arahan femina untuk sesi foto #perempuansupreme pilihan femina dan Head & Shoulders. Ia tampak anggun dengan dress batik biru putih, make-up simpel, dan sepatu berwarna senada.
 
Ibu kerap dinilai kontroversial, bagaimana menanggapi hal ini?
Mungkin karena masyarakat Indonesia belum terbiasa dengan sesuatu yang straight forward, direct, and very open, jadi saya dianggap sedikit kontroversial. Padahal, kalau melihat porsi kerja saya, ya, memang sudah seharusnya begitu. Pembawaan saya memang begitu.
 
Tapi, ada yang pro dan kontra dengan gaya Ibu ini…
Mungkin yang kontra itu sedikit sekali, yaitu orang-orang yang terkena kebijakan. Kalau mereka yang pro, ya, menyadari bahwa kita sedang menuju pembangunan yang sesuai dengan visi dan misi Presiden. Di bidang maritim, Presiden selalu menekankan bahwa laut harus menjadi masa depan kita, harus menjadi poros maritim dunia.
 
Cara menjabarkan visi misi tersebut?
Saya menerjemahkannya dengan membuat tiga pilar di Kementerian Kelautan, yaitu kedaulatan, keberlanjutan, dan kesejahteraan. Kalau dua yang pertama ini dilakukan, pasti akan muncul kesejahteraan, itu saja.
 
Seperti kebijakan Ibu menenggelamkan kapal asing?
Soal penenggelaman kapal, kalau itu disebut kontroversi, ya, tidak juga, karena itu sesuai dengan amanah undang-undang. Keputusan penenggelaman kapal itu atas dasar pengadilan bahwa barang bukti atau kapal ini harus dimusnahkan. Cara yang terbaik untuk dimusnahkan adalah dengan ditenggelamkan. Kalau di awal kita ledakkan kapal itu, sebenarnya hanya palkanya saja (yang diledakkan - red), tidak semuanya. Ini hanya untuk efek fotografi media yang mengerikan. Mengapa dibuat efek mengerikan ini? Untuk menimbulkan efek jera pelaku illegal fishing karena sudah merugikan Indonesia puluhan triliun rupiah.
 
Kasus cantrang seperti apa?
Kasus cantrang ini bukan tentang nelayan. Karena yang menggunakan cantrang adalah kapal-kapal besar. Cantrang itu digunakan oleh industri penangkapan ikan yang kapalnya besar-besar. Dulu alat tangkap ikan namanya troll. Walaupun sedikit beda, cara kerjanya sama. Sebenarnya, dari tahun ‘80-an sudah dilarang Presiden Soeharto karena sudah merusak. Akibat penggunaan cantrang ini satu kapal besar itu bisa membuang sekitar satu ton ikan per hari. Padahal, ada seribu kapal. Ini artinya tiap hari ada 1.000 ton ikan dibuang ke laut. Ini ikan-ikan kecil atau baby fish. Kita harus menjaga keberlanjutan laut. Kalau kita habiskan sekarang, bagaimana nanti di masa depan?
 
Bagaimana cara Ibu menghadapi pendemo?
Saya mendekati mereka dengan argument yang rasional. Saya juga terbuka pada pendapat apa pun. Jadi, memang butuh effort untuk membuat mereka lebih mengerti dan menerima. Saya tidak pernah berusaha bahwa tiap orang harus selalu setuju dengan saya. Namanya public policy, akan ada interest yang berbeda-beda. Yang terpenting adalah do the best for majority, inilah yang harus dilakukan public policy maker. Jangan berharap semua orang akan setuju dengan keputusan Anda. Yang penting Anda yakin bahwa apa yang Anda lakukan adalah yang terbaik untuk semua. Ini minimum goal yang harus dimiliki seorang pemimpin.
 
KAPASITAS PRIA VS WANITA
Di matanya, tak ada yang tak bisa dilakukan wanita, termasuk tampil sebagai seorang pemimpin. “Mungkin dalam hal tenaga, pria dan wanita berbeda. Tapi, itu pun kalau kita mau, kita bisa menyamakannya dengan berlatih, membentuk otot, hingga kita tak kalah kuat dengan pria,” katanya. Menurutnya, wanita harus mulai mengubah pola pikir. Jika ingin kesetaraan, maka tak perlu lagi membuat perbedaan antara pria dan wanita.
 
Ibu sangat sibuk…
Ya, saya suka kerja. Saya bisa kerja di mana saja. Tapi, paling suka kerja dari rumah. Kalau di kantor, resmi, malah tidak bisa.
 
Menurut survei femina, wanita lebih suka memilih pria sebagai pemimpin karena dianggap lebih rasional dan mobile. Tanggapan Ibu?
Wanita cenderung membatasi diri sendiri. Banyak terjadi, wanita menganggap dirinya tidak rasional dan terjebak pada persoalan lainnya. Padahal, ini tidak perlu. Saya selalu anjurkan, kita sebagai wanita harus liberate. Jangan mempersoalkan masalah kewanitaan kita. Kerja saja dan gunakan kapasitas Anda. Kapasitas pria dan wanita itu sama saja.
 
Jadi stop membuat perbedaan?
Ya, saya pikir stop saja, kita sudah tidak butuh lagi perbedaan itu. Kalau kita membedakan, artinya masih ada perbedaan itu. Jadi, apa itu gender equality? Kalau ingin disamakan dengan pria, ya, wanita juga harus bisa work as a man, as rational as a man, and as mobile as a man.
 
Jadi, apa yang harus mulai dilakukan wanita?
Kadang-kadang kita juga terlalu hustle dengan urusan kewanitaan. Misalnya, soal penampilan. Ketika wanita sibuk dengan semua urusan kewanitaan ini, dia sebenarnya kehilangan waktu dari laki-laki. Kapasitas waktunya untuk melakukan hal lain sudah berkurang. Contohnya, laki-laki tidak butuh dua jam untuk berdandan. Jadi, mereka punya waktu lebih banyak untuk berpikir dan bekerja. Saya pikir persoalan wanita, ya, dibuat sendiri. Kalau kita complaint, man doesn’t treat equal to us, tapi kita sendiri juga tidak mau meningkatkan kapasitas kerja kita, dari waktu, tenaga, dan usaha. Glass ceiling itu terjadi because women set it. Kalau saya tidak memiliki batasan itu, jadi tidak mendapatkan persoalan itu.
 
Cara Ibu seperti apa?
Saya percaya dunia ini running by it’s logic and it’s rational. Bukan oleh impossibility. Prinsipnya, when you wont it, you work, you do, you can. Kalau hal yang ingin Anda capai sudah tidak mungkin, carilah hal lain. Jadi tidak terlalu stres.
 
PENJAGA LAUT INDONESIA
Dipimpin Susi Pudjiastuti, Kementerian Kelautan dan Perikanan telah menorehkan prestasi yang cukup membanggakan. Berdasarkan data, produksi ikan Indonesia naik hingga 50 kg. Selain itu, stok ikan nasional juga bertambah secara signifikan, dari 6,5 juta ton menjadi 12,5 juta ton, berdasarkan data dua tahun lalu. Neraca perdagangan ikan Indonesia juga naik ke peringkat pertama di kawasan Asia Tenggara dibanding beberapa waktu lalu yang sempat menduduki urutan belakang. Ia juga memberikan perhatian besar untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan.
 
Ibu dekat dengan nelayan?
Bukan hanya sekarang saya senang turun ke nelayan. Dulu, jauh sebelum saya menjadi menteri, saya pengusaha ikan, meski tidak punya kapal karena saya membeli dari nelayan.
 
Yang Ibu perjuangkan untuk nelayan?
Kesejahteraan, tentu yang mereka butuhkan. Selain itu, nelayan kini memiliki asuransi. Untuk kasus meninggal karena kecelakaan di laut, akan mendapat uang Rp200 juta, di darat Rp160 juta, bantuan pengobatan sakit sebesar Rp20 juta, dan santunan cacat Rp100 juta. Ibu juga perhatian pada sampah laut.. KKP beberapa minggu lalu merilis video yang mengajak masyarakat untuk ikut serta membersihkan pantai, mengurangi pemakaian plastik dari kantong kresek hingga sedotan. Masih banyak orang yang menganggap plastic itu bukan sampah. Persoalannya juga, kita
terbiasa membuang sampah di got dan sungai, yang bermuara di laut.
 
Apa kebijakan untuk sampah ini?
Di kantor KKP saat ini berlaku aturan dilarang membawa botol air mineral dan diancam denda. Cukup berhasil. Di KKP ada 11.000 orang. Kalau dalam satu hari 50%-nya saja bawa satu botol, artinya ada 5.000-an sampah botol. Untuk sosialisasi soal sampah laut ini, kami juga membuat Pandu Laut, bekerja sama dengan beberapa artis, seperti Kaka Slank dan Yuni Shara. Ada sekitar 200 komunitas yang ikuti serta. Kita berusaha mengampanyekan untuk tidak menggunakan plastic one use. Kemarin, di Pulau Pari, saya kampanye stop penggunaan sedotan. Kenapa harus pakai sedotan, cukup pakai gelas saja.
 
Bagaimana peran wanita pada sampah laut ini?
Marilah kita meningkatkan awareness agar wanita Indonesia lebih peduli pada sampah plastik. Cobalah membuat tren, misalnya menggunakan satu tas saat belanja. Sebenarnya kita punya potensi, ada banyak tas anyaman juga di berbagai daerah di Indonesia. Ini bisa menjadi income, ide untuk bisnis baru  tidak hanya mengurangi sampah plastik. Bisa dibuat dari bahan-bahan organik, seperti daun pandan. Sekarang, cukup banyak orang kota yang sangat friendly environment.
 
ARTI SUKSES
Usai wawancara dan foto, Susi Pudjiastuti bergegas pergi karena pesawat yang akan membawanya ke Pangandaran, rumah pribadinya, sudah menunggu di Bandara Halim Perdana Kusuma. Jadwal yang padat ini hampir tiap hari ia lakoni. Namun, ia selalu menyisakan waktu untuk bisa menikmati hobinya, kayaking dan mancing.
 
Yang paling Ibu rindukan dari rumah?
Yang paling bikin saya kangen pulang ke rumah itu adalah anak-anak dan home things. Makanan, perabotan, tanaman yang saya tanam, semua sentuhan yang kita berikan untuk rumah kita. Saya ini orang rumah. Kerja pun saya suka dari rumah. Rumah jadi kantor. Saya ke kantor kadang-kadang saja, kalau ada tamu baru ke kantor. Selebihnya, saya tarik orang kantor ke sini, kadang-kadang sampai malam.
 
Bagaimana menjaga stamina tetap fit?
Saya tidak minum vitamin. Saya biasa konsumsi air asam, teh, kopi, dan orange juice sekali sekali. Saya juga tidak makan dan minum minuman bergula, tetapi banyak konsumsi buah-buahan saja.
 
Ibu juga lulus kejar Paket C, selamat…
Jadi, ini ceritanya sejak zaman Pak Anies (Anies Baswedan - red) jadi Menteri Pendidikan untuk kebutuhan iklan Kejar Paket C. Agar orang mau ikut Kejar Paket C, saya dikasih nomor ujian. Nomor ujian ini tiap tahun keluar. Saya pikir, daripada tidak saya pakai, ya, saya pakai saja. Tidak ada persiapan khusus, sejadinya saja. Baca-baca sedikit dan, ya, lupa lagi. Di kepala sudah terlalu banyak, memori kita kan terbatas juga. Sama seperti komputer, ada RAM-nya kan. Alhamdulillah, saya peringkat satu, ha… ha… ha….
 
Apa makna sukses menurut Ibu?
Saya pikir tidak akan pernah ada sukses yang komplet. Hidup kan bergerak. Kalau dulu mungkin apa yang kita dapat sudah cukup, tapi untuk sekarang ini belum tentu. Jadi, saya pikir what you have done, to be perfect is good. Kita juga tidak bisa selalu mendapatkan apa yang kita mau. So… balanced. Pada akhirnya, when you thing what you’ve done is done, walaupun tidak 100 persen, but you feel good on itu, that success. But if you don’t feel good, what ever great your job, is not success. Jadi, ya, success is something when you feel goods on doing things done. (f)

Baca Juga: 
8 Perempuan Supreme: Alberthiene Endah
Ini 8 Wanita Hebat Penerima Apresiasi #KitaSupreme
#KITASUPREME, Apresiasi untuk Kekuatan dan Kehebatan 8 Wanita Indonesia





 

Faunda Liswijayanti


Topic

#kitasupreme, #susipudjiastuti

 

polling
Pertimbangan Dalam Memilih Kartu Kredit

Belakangan ini bank makin kreatif dan gencar dalam meluncurkan kartu kredit. Mereka pun bersaing memberikan berbagai fasilitas untuk menggaet pengguna baru.