Money
Ini Cara Menghitung Dana Pensiun!

18 Jul 2017


Foto: Fotosearch

Jika kita ingin pensiun awal, misalnya di usia 45 tahun, kita harus mempersiapkan dana untuk kehidupan di hari tua. Misalnya, di tahun depan usia kita sudah mencapai 25 tahun. Artinya, kita akan pensiun 20 tahun lagi. Bagaimana cara menghitung berapa kira-kira biaya hidup pada waktu itu? Berapa dana pensiun yang harus dikumpulkan sekarang?
 
Cara menghitung biaya hidup pada waktu pensiun nanti adalah dengan menambahkan unsur inflasi setiap tahun pada jumlah dana kebutuhan bulanan saat usia pensiun. Biasanya, perkiraan inflasi sekitar 10% per tahun
 
Misal, biaya hidup kita per bulan Rp5 juta, tahun depan biayanya akan naik menjadi Rp5,5 juta, dua tahun kemudian berubah lagi menjadi Rp6.050.000. Untuk 25 tahun mendatang, nilai Rp 5 juta tersebut akan setara Rp 54,1 juta.
 
Bila perkiraan setelah pensiun Anda akan hidup 20 tahun lagi, maka pada usia 45 harus terkumpul dana untuk menghidupi selama masa pensiun tadi. Dengan asumsi tersebut, Anda perlu berinvestasi per bulan sebesar ± Rp 500 ribu pada produk investasi yang diperkirakan dapat memberikan return 25% per tahun. Salah satunya, melalui investasi saham. Jika masih ragu bermain saham, Anda bisa mencoba produk reksa dana saham. (f)
 
Baca juga:
10 Langkah Evaluasi Keuangan Agar Lebih Kaya di Tahun Depan
Profil Risiko Investasi Cewek Single
Memilih di Antara Investasi Reksa Dana, Deposito, atau Unit Link
 

Meiranie Nurtaeni


Topic

#investasi

 

polling
Produk Kosmetik Favorit

Sebagai wanita, kita tidak bisa dipisahkan dari produk kecantikan. Nggak heran, deh, kita sulit menahan diri ketika melihat produk terbaru.

Produk kosmetik apa yang paling sering Anda beli meski belum habis?