Money
Memilih Reksa Dana Berdasarkan Return

20 Apr 2017


Foto: Fotosearch

Sebelum menentukan reksa dana, pasti Anda menanyakan return-nya. Memang, return bergantung pada kondisi ekonomi. Ranga Chand, penulis Getting Started with Mutual Funds menjelaskan, ada beberapa acuan untuk menentukan return.
  • Reksa dana pasar uang, return-nya hampir sama dengan tingkat suku bunga deposito. Jumlahnya mungkin tidak sebesar yang diharapkan, tapi reksa dana tipe ini juga memiliki risiko kerugian yang kecil.
  • Reksa dana pendapatan tetap, return-nya sekitar 1-3% di atas deposito. Risiko kerugian juga kecil, cocok bagi kita yang lebih suka main aman.
  • Reksa dana campuran, return-nya cenderung di atas reksa dana pendapatan tetap. Namun, Anda harus siap mengalami kerugian jika kondisi ekonomi ada masalah. Maklum, sebagian besar reksa dana campuran dialokasikan ke saham.
  • Reksa dana saham, return-nya bisa mencapai 30% namun tetap bergantung situasi ekonomi dan politik negara. Suatu saat Anda bisa mengalami keuntungan besar, bahkan mencapai 100%. Namun, bukan nggak mungkin juga Anda rugi dalam jumlah yang sama. Namun jika Anda berniat menginvestasikan uang dalam jangka panjang, reksa dana saham pas jadi pilihan. Selama bertahun-tahun, returnnya terbukti selalu bertambah. (f)
Baca juga:
Trik Memilih Manajer Investasi
Perhitungan Dana untuk Orang Tua
4 Langkah Memaksimalkan Investasi

Saparinah Mumpuni


Topic

#reksadana