Money
Ini Utang yang Biasa Dimiliki Cewek Single

20 Mar 2017


Foto: Fotosearch

Hanya karena ‘jatuh cinta pada pandangan pertama’ kepada sepasang sepatu atau sebuah tas, cewek bisa dengan mudahnya menggesek kartu kredit tanpa memikirkan total tagihan yang harus dibayar. Pasalnya, masih banyak yang merasa kartu kredit adalah dana cadangan, bukan utang. Padahal, jika tidak membayar lunas tagihannya, kita akan dikenakan bunga berbunga yang bisa terus membengkak.
 
Perencana keuangan Yosephine P.Tyas, S.Kom, MM, CFP® mengingatkan bahwa untuk setiap pembayaran menggunakan kartu kredit, kita harus sudah mempersiapkan alokasi dana atau bujet dari penghasilan. Hal ini juga berlaku ketika kita tertarik membeli barang-barang yang sifatnya konsumtif, seperti ponsel, laptop, atau TV, menggunakan promo cicilan 0% kartu kredit. Harus sudah ada pos pengeluaran khusus untuk melunasi cicilan per bulannya.
 
Pastikan kita membayar tagihan secara penuh setiap bulan dan mengabaikan minimum payment supaya nggak terkena bunga tinggi dan bunga berbunga. Pastikan juga kita membayar sesegera mungkin untuk menghindari risiko lupa atau telat membayar. (f)

Baca juga:
3 Cara Mengelola Dana Pekerjaan Sampingan
5 Asumsi Salah Soal Kartu Kredit
3 Hal Berikut Bisa Membuat Anda Tergoda Menghambur-hamburkan Uang

Fanny Indriawati


Topic

#utang

 

polling
Produk Kosmetik Favorit

Sebagai wanita, kita tidak bisa dipisahkan dari produk kecantikan. Nggak heran, deh, kita sulit menahan diri ketika melihat produk terbaru.

Produk kosmetik apa yang paling sering Anda beli meski belum habis?